Detik-detik Aiptu Sofyan Adang Pelaku Bom Bunuh Diri Bandung

Jumat, 09 Desember 2022 – 15:47 WIB
Detik-detik Aiptu Sofyan Adang Pelaku Bom Bunuh Diri Bandung - JPNN.com Jabar
Upacara pemakaman Aiptu Sofyan, personel Polsek Astanaanyar yang menjadi korban bom bunuh diri Bandung. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Aiptu Ahmad Sofyan menjadi satu-satunya korban yang meninggal dalam aksi bom bunuh diri di Polsek Astanaanyar, Kota Bandung pada Rabu (7/12). Korban meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak.

Kasatbinmas Polrestabes Bandung AKBP Sutorih mengatakan, almarhum Sofyan sempat menghalau Agus Sujatno, pelaku bom bunuh diri yang hendak menerobos pintu kantor Polsek Astanaanyar.

Pasalnya, saat itu personel polsek sedang menjalani apel pagi bersama pimpinan.

“Betul, saat itu apel pagi pintu gerbang ditutup cuma yang bersangkutan ini pelaku memaksa masuk dan dihalangi Babinsa. Kebetulan almarhum menghalangi supaya tidak masuk dan pelaku bawa senjata tajam,” kata Sutorih di Bandung, Jumat (9/12).

Pelaku yang mengacungkan senjata tajam membuat Sofyan terpaksa mundur. Namun tak lama, bom yang melekat pada tubuh pelaku meledak dan melukai Sofyan.

“Aiptu Sofyan mundur dan saat didorong langsung meledak karena bawa bom bunuh diri,” ujarnya.

Sutorih menambahkan, almarhum adalah seorang pahlawan karena berupaya menghalangi pelaku masuk ke dalam, meski nyawa yang menjad taruhannya.

“Beliau seorang pahlawan karena beliau menghalang kalau tidak ada mungkin hanya Allah yang tahu, karena sudah coba menghalangi,” jelasnya.

Aiptu Sofyan, korban meninggal dunia bom bunuh diri Polsek Astanaanyar menerima kenaikan pangkat luar biasa atas pengorbanannya yang sempat menghalau pelaku.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News