Soal Tuntutan Bahar Smith, Pengacara Menduga JPU dalam Tekanan

Kamis, 28 Juli 2022 – 20:25 WIB
Soal Tuntutan Bahar Smith, Pengacara Menduga JPU dalam Tekanan - JPNN.com Jabar
Bahar Smith seusai menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Negeri (PN) Bandung Kelas 1A, Jalan LLRE Martadinata, Kamis (28/7). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Tim kuasa hukum Bahar Smith menuding ada pihak yang mengintervensi pihak Jaksa penuntut umum (JPU) dalam tuntutan lima tahun penjara kepada kliennya.

Ichwan Tuankotta menilai, tuntutan JPU terlalu berat dan tidak sesuai fakta persidangan.

“Karena fakta-fakta persidangan tidak seperti itu. Jadi saya menduga ini ada intervemsi dari penguasa yang ikut campur dalam permasalahan ini,” kata Ichwan ditemui seusai sidang tuntutan di Pengadilan Negeri (PN) Bandung Kelas 1A, Jalan LLRE Martadinata, Kamis (28/7).

Atas dasar itu lah, kuasa hukum menuding jaksa memberikan tuntutan yang tinggi kepada Bahar. Bahkan, menurutnya JPU tidak independen dan menutup mata atas fakta persidangan yang terungkap.

“Akhirnya jaksa tidak independen alias buta dan tuli. Dari fakta-fakta persidangan yang kami hadirkan semua dan saksi-saksi itu diadopsi semua sama jaksa, tetapi jaksa tidak clear dan independen sehingga ada intervensi memberikan tuntutan yang berat,” tutur Ichwan.

Kata Ichwan, saat sidang nota pembelaan atau pleidoi yang digelar pekan depan, pihaknya siap membongkar fakta-fakta persidangan.

Di samping itu, Ichwan juga meminta agar majelis hakim menolak tuntutan JPU. Ia menilai bahwa hakim harus adil dan independen dalam memberikan putusan pada kliennya nanti.

“Mohon majelis hakim tidak terpengaruh apalagi yang disampaikan oleh jaksa ada putusan habib Rizieq atau yang lainnya. Jadi hakim harus independen dan dia punya hati nurani untuk menegakkan kebenaran dan keadilan,” ujarnya.

Kuasa hukum Bahar Smith menduga ada intervensi dalam tuntutan kliennya. Begini penjelasannya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News