Bahar Smith Didakwa Sebar Berita Bohong Kematian 6 Laskar FPI

Selasa, 05 April 2022 – 13:30 WIB
Bahar Smith Didakwa Sebar Berita Bohong Kematian 6 Laskar FPI - JPNN.com Jabar
Bahar Smith dalam sidang beragendakan dakwaan di Pengadilan Negeri Bandung Kelas 1A Khusus, Jalan LLRE Martadinata, Selasa (5/4). (Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Penceramah Habib Bahar bin Smith didakwa telah menyebarkan berita bohong atau hoaks dalam ceramah Maulid Nabi yang diunggah ke akun Youtube.

Pada tanggal 10 Desember 2021, Bahar Smith mengisi ceramah di Kampung Cibisoro, RT 03 Rw 08 Desa Nanjung, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung.

Keesokan harinya, ceramah Bahar yang diunggah oleh TR atau Tatang Rustandi viral di Youtube dengan judul ‘MENGGELEGAARRR!!! CERAMAH TERBARU BAHAR BIN SMITH DI KOTA BANDUNG LAUTAN JAMAAH’ berdurasi total 50 menit 12 detik.

Dalam sidang beragendakan pembacaan dakwaan di Pengadilan Negeri Bandung Kelas 1A Khusus, Jaksa menyoroti sejumlah bagian isi ceramah dalam video tersebut.

Bagian-bagian tersebut dianggap sebagai sumber permasalahan kasus penyebaran berita bohong yang dilakukan Bahar Smith.

Jaksa mengungkapkan, salah satu isi bagian ceramah yang dianggap menyebarkan berita bohong adalah soal kematian enam laskar FPI pengawal Habib Rizieq Shihab. Ceramah tersebut ada di menit 11.33 – 12.25.

Dalam ceramahnya, Bahar mengatakan bahwa enam laskar FPI tersebut tewas dikarenakan dibantai.

“Enam pengawal beliau (Habib Rizieq Shihab), enam laskar beliau dibunuh, dibantai, dicopot kukunya, dibantai, dikuliti, kemaluannya dibakar, mereka dibikin seperti binatang saudara-saudara hanya karena Maulid Nabi Muhammad,” kata jaksa membacakan dakwaan berisi ceramah Bahar dalam sidang di PN Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Selasa (5/4).

Jaksa membacakan dakwaan yang berisikan isi ceramah Habib Bahar bin Smith dalam peringatan Maulid Nabi di Kabupaten Bandung. Terungkap, fakta mengejutkan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News