Ini Alasan Sidang Bahar Smith Dilakukan di PN Bandung

Selasa, 22 Maret 2022 – 10:45 WIB
Ini Alasan Sidang Bahar Smith Dilakukan di PN Bandung - JPNN.com Jabar
Habib Bahar bin Smith. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Sidang kasus penyebaran berita bohong dengan terdakwa Bahar Smith akan segera dilakukan. Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat telah melimpahkan berkas perkara tersebut ke Pengadilan Negeri Kelas IA Bandung, pada Senin (21/3).

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Jabar Dodi Gazali Emil mengatakan, locus delik kejadian perkara ada di wilayah hukum Kabupaten Bandung. Namun, Dodi memastikan proses sidang dilakukan di Pengadilan Negeri Bandung.

Menurutnya, pemindahan lokasi tempat persidangan itu mengacu pada Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia.

“Ada pun alasan pemindahan lokasi tempat persidangan tersebut mengacu pada Keputusan Ketua Mahkamah Agung Nomor: 75/KMA/SK/III/2022 tentang Penunjukan Pengadilan Negeri Bandung Kelas IA Khusus untuk memeriksa dan memutus perkara pidana atas nama terdakwa Habib Bahar Bin Smith dan tersangka Tatan Rustandi,” ucap Dodi pada keterangan resminya, Selasa (22/3).

Selain itu, Bahar Smith memiliki simpatisan yang cukup banyak di Jawa Barat, oleh pemindahan lokasi persidangan merupakan salah satu upaya untuk menjaga kondusifitas di tengah-tengah masyarakat.

“Walau persidangan dilakukan secara daring, tidak menutup kemungkinan akan mengundang masa pendukung, sehingga terjadi kerumunan masa pendukung di saat pandemi Covid-19,” kata Dodi.

Dodi menambahkan, sesuai Pasal 85 KUHP atas alasan situasi dan membahayakan apabila perkara yang bersangkutan diadili di tempat kejadian perkara, serta demi efektivitas dan efisiensi penanganan perkara tersebut.

“Maka beralasan bila persidangan dilaksanakan di luar wilayah Pengadilan Negeri Bale Bandung,” ujarnya.

Persidangan Bahar Smith akan segera dilakukan di Pengadilan Negeri atau PN Bandung. Ini alasannya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News