7 Efek Samping Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan Tubuh, Waspada Bestie!

Minggu, 11 Desember 2022 – 08:30 WIB
7 Efek Samping Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan Tubuh, Waspada Bestie! - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Stres dan lelah. Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Ada kalanya kita begitu terpikat untuk mengerjakan pekerjaan dengan menggunakan laptop di ruang kerja atau menonton TV, sehingga kita tidak menyadari berapa banyak waktu yang telah kita habiskan untuk duduk terlalu lama di kursi atau sofa.

Nah, kebiasaan duduk terlalu lama ini telah lama diketahui bisa menimbulkan bahaya untuk kesehatan.

Berat badan kita tidak hanya bertambah, tetapi juga menghadapi masalah kesehatan yang serius jika memilih untuk duduk terlalu lama.

Untuk gaya hidup sehat, kita harus melakukan upaya sadar untuk menghindari jadwal yang tidak banyak bergerak.

Baik itu ahli kesehatan fisik maupun mental, setiap orang merekomendasikan olahraga minimal 30 menit selain gerakan lain selama sehari agar tetap bugar. Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Healthshots.com.

1. Pembengkakan pada kaki dan tungkai

Kaki dan tungkai yang bengkak mudah dikenali. Ukurannya terlihat lebih besar dari biasanya.

Menurut sebuah penelitian yang dikutip oleh National Center for Biotechnology Information, penumpukan cairan di kaki akibat duduk terlalu lama bisa menyebabkan kaki bengkak dan risiko pembekuan darah dalam kasus yang ekstrem.

Kadang-kadang, penumpukan cairan di kaki disertai dengan perpindahan cairan ke tubuh bagian atas, yang bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah, masalah pernapasan, dan tidur.

Tujuh dampak buruk duduk terlalu lama bagi kesehatan tubuh Anda, salah satunya bisa menambah berat badan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News