RSHS Bandung Luncurkan Teknologi Teranyar PET Scan untuk Deteksi Kanker

Rabu, 12 Juni 2024 – 17:05 WIB
RSHS Bandung Luncurkan Teknologi Teranyar PET Scan untuk Deteksi Kanker - JPNN.com Jabar
Alat pendeteksi kanker yang dimiliki RS Hasan Sadikin Bandung, PET Scan. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - RS Hasan Sadikin Bandung terus melakukan berbagai inovasi pelayanan kesehatan. Kali ini, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Jawa Barat itu meluncurkan teknologi teranyar dalam mendeteksi penyakit kanker. 

Alat pendeteksi itu bernama Positron Emission Tomography (PET) Scan.

Alat ini diharapkan bisa menekan angka kematian akibat kanker, khususnya kepada masyarakat Indonesia. 

Direktur Utama RSHS Bandung Jimmy Panelewen mengatakan, masyarakat kini bisa mendeteksi kanker, dan mencegah terjadinya stadium tinggi menggunakan alat PET Scan. 

"Di sisi diagnostiknya terhadap kanker ini kami bisa menentukan, ini bisa mengubah atau bisa menentukan bagaimana penanganan selanjutnya," kata Jimmy ditemui di RSHS Bandung, Jalan Pasteur, Kota Bandung, Rabu (12/6). 

Ia menuturkan, penggunaan alat PET Scan bisa juga digunakan sebagai evaluasi terhadap pengobatan kanker yang telah dilakukan. Hal ini dapat membantu pasien untuk menentukan langkah pengobatan selanjutnya. 

"Dan ini bukan cuma untuk mendeteksi saja, tetapi ini juga bisa melakukan terapi. Bahkan, nanti ini bisa evaluasi, terutama untuk pasien kanker," terangnya. 

Menurutnya, kehadiran alat PET Scan merupakan bukti komitmen RSHS bersama Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) dalam memberikan akses kesehatan yang berkualitas bagi seluruh masyarakat. 

RSHS Bandung menggunakan alat terbaru dalam mendeteksi penyakit kanker yakni PET Scan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News