5 Efek Samping Mengerikan Makan Wortel Berlebihan, Jangan Disepelekan!

Jumat, 28 Oktober 2022 – 09:30 WIB
5 Efek Samping Mengerikan Makan Wortel Berlebihan, Jangan Disepelekan! - JPNN.com Jabar
Wortel. Foto Second Studio/Shutterstock

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Wortel merupakan salah satu sayuran yang banyak dikonsumsi orang. Anda bisa makan wortel dengan diolah dalam bentuk salad wortel, sup krim wortel, jus wortel, acar wortel kuning, dan lainnya.

Wortel kaya akan kandungan gizi dan nutrisi, seperti natrium, kalium, zat besi, vitamin C, vitamin D, serat. gula, protein, dan lainnya.

Namun, walau wortel mengandung berbagai gizi dan nutrisi yang baik untuk tubuh, mengonsumsinya secara berlebihan juga tidak baik. Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Stylecraze.com.

1. Menyebabkan Keracunan Vitamin A

Dalam sebuah laporan kasus, seseorang yang mengonsumsi wortel secara berlebihan dirawat di rumah sakit dengan alasan sakit perut.

Enzim hatinya ditemukan telah meningkat ke tingkat yang sangat tinggi. Pasien didiagnosis dengan kasus keracunan vitamin A ringan.

Kadar vitamin A hingga 10.000 IU sudah dianggap aman. Apa pun di luar itu bisa menjadi racun.

Setengah cangkir wortel memiliki 459 mcg beta-karoten, yaitu sekitar 1.500 IU vitamin A.

Toksisitas vitamin A juga disebut hipervitaminosis A. Gejalanya bisa berupa kehilangan nafsu makan, mual, muntah, rambut rontok, kelelahan, dan pendarahan hidung.

Jangan konsumsi wortel secara berlebihan, dampak buruknya sangat mengerikan! Simak penjelasan lengkapnya di sini.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News