KKP Bandung Bantah Stok Vaksin Meningitis di Jabar Menipis

Rabu, 28 September 2022 – 13:10 WIB
KKP Bandung Bantah Stok Vaksin Meningitis di Jabar Menipis - JPNN.com Jabar
Kepala KKP Bandung Resi Arisandi ditemui di kantornya di Jalan Cikapayang No 5. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandung membantah kabar soal menipisnya ketersediaan vaksin meningitis untuk calon jemaah umrah di Jawa Barat.

Kepala KKP Bandung Resi Arisandi menuturkan, stok vaksin meningitis masih aman sampai dengan pertengahan Oktober.

Menurutnya, stok vaksin sebenarnya sudah datang, namun masih menunggu lisensi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Untuk stoknya sendiri sampai pertengahan Oktober sudah ada,” katanya ditemui JPNN di kantornya, Rabu (28/9).

Dalam sehari, KKP Bandung bisa menghabiskan sekitar 300 dosis vaksin. Sementara, kebutuhan dosis vaksin meningitis untuk calon jemaah umrah dan haji di Jabar sekitar 100.000 per tahun.

“Kalau Jabar biasanya 10% dari jemaah umrah, jadi kira-kira 100.000 per satu tahun, kalau per bulannya sekitar 10.000 dosis,” ucapnya.

Resi membantah kalau KKP Bandung kekurangan stok dosis vaksin. Hanya saja, memang saat ini dosis baru cukup sampai Oktober, sisanya sedang dalam perjalanan.

Menurutnya, kondisi ini tidak terjadi hanya di Jabar saja, tetapi seluruh Indonesia. Hal itu dikarenakan, stok vaksin yang ada terpakai untuk jemaah haji kloter Juli 2022.

KKP Bandung mengklarifikasi informasi soal menipisnya stok vaksin meningitis untuk calon jemaah umrah di wilayah Jabar. Begini penjelasannya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News