Dinkes Jabar: Stok Vaksin Meningitis untuk Calon Jemaah Umrah Menipis

Rabu, 28 September 2022 – 12:10 WIB
Dinkes Jabar: Stok Vaksin Meningitis untuk Calon Jemaah Umrah Menipis - JPNN.com Jabar
Ilustrasi vaksin. Foto: Diskominfo Kota Bandung

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat mencatat stok dosis vaksin meningitis di wilayahnya menipis.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Jabar Ryan Bayusantika Rustandi menuturkan, faktor utama berkurangnya stok vaksin meningitis adalah tidak adanya produksi dan distribusi sejak dihantam pandemi Covid-19.

Selain di Jabar, berkurangnya stok vaksin meningitis di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) juga terjadi di sejumlah wilayah Indonesia.

“Di Jabar jumlah vaksin meningitis sedang sangat menipis, masyarakar memang mengalami kesulitan mendapatkan vaksin tersebut di KKP, imbas dari penundaan waktu ibadah haji selama 2,5 tahun,” katanya dikonfirmasi, Rabu (28/9).

Kondisi tersebut, diperparah dengan tingginya animo masyarakat untuk melakukan perjalanan umrah.

“Pengurangan kuota jemaah 2022 menyebabkan meningkatnya jumlah masyarakat yang akan umrah dan juga tidak ada produksi vaksin meningitis selama pandemi,” ujarnya.

Maka dari itu, Dinkes Jabar bersurat ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) ihwal menipisnya stok vaksin meningitis.

Surat itu berisikan permintaan realokasi vaksin meningitis dari haji ke umrah.

Dinkes Jabar ungkap stok vaksin meningitis di wilayahnya menipis. Bersurat ke Kemenkes untuk realokasi vaksin dari haji ke umrah.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News