Pentingnya Vaksinasi Meningitis Sebelum Melaksanakan Ibadah Haji

Senin, 10 Juni 2024 – 20:43 WIB
Pentingnya Vaksinasi Meningitis Sebelum Melaksanakan Ibadah Haji - JPNN.com Jabar
Bio Farma membagikan informasi tentang pentingnya melakukan vaksinasi, sebelum melaksanakan ibadah Haji atau Umrah untuk masyarakat. Foto: Bio Farma.

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang farmasi Bio Farma membagikan informasi tentang pentingnya melakukan vaksinasi, sebelum melaksanakan ibadah Haji atau Umrah untuk masyarakat.

Pasalnya, jutaan orang dari berbagai negara berkumpul di Arab Saudi setiap tahunnya untuk melaksanakan ibadah haji. Kerumunan besar ini menciptakan kondisi yang ideal bagi penyebaran penyakit menular seperti meningitis, influenza, dan pneumonia.

Selain itu, cuaca ekstrem di Arab Saudi, baik panas yang menyengat maupun perubahan cuaca yang tiba-tiba, dapat mempengaruhi kesehatan jamaah haji, terutama mereka yang lanjut usia atau memiliki kondisi medis tertentu.

Oleh karena itu, vaksinasi menjadi langkah pencegahan yang sangat penting untuk mengurangi risiko terkena penyakit selama pelaksanaan haji.

”Sosialisasi ini dilakukan dalam rangka memberikan informasi terkait vaksinasi yang dilakukan sebelum calon jamaah berangkat ke tanah suci, terutama dalam mengantisipasi paparan penyakit meningitis," ucap Product Manager Bio Farma, dr Asep Irham Fattahul Quran dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Senin (10/6).

Menurutnya, kebutuhan manusia untuk melakukan vaksinasi sebenarnya relatif penting, apalagi vaksinasi itu bertujuan untuk memunculkan imunitas baru.

”Vaksinasi akan sangat bermanfaat untuk melindungi tubuh, terutama di daerah yang padat manusia seperti di Tanah Suci. Sebagai antisipasi kita terhadap penyakit yang mudah menular antar manusia,” tutur Asep.

”Di Indonesia paparan penyakit lebih terkendali. Sedangkan di tanah suci, kita bertemu dengan orang dari beberapa negara, nah itu yang akan menjadi paparan untuk jamaah-jamaah Indonesia," sambungnya.

Bio Farma membagikan informasi tentang pentingnya melakukan vaksinasi, sebelum melaksanakan ibadah Haji atau Umrah untuk masyarakat.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News