Forkopimda Kabupaten Karawang Datangi Pabrik PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills, Ada Apa?

Rabu, 21 September 2022 – 17:05 WIB
Forkopimda Kabupaten Karawang Datangi Pabrik PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills, Ada Apa? - JPNN.com Jabar
Forkopimda Kabupaten Karawang saat mendatangi pabrik PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills II. (ANTARA/Ali Khumaini)

jabar.jpnn.com, KARAWANG - Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mendesak PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills II agar berkomitmen menangani berulangnya peristiwa keracunan yang dialami warga Kampung Cigempol, Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Karawang, dengan menandatangani pakta integritas.

"Pakta integritas ini adalah bentuk dorongan kuat dari pemerintah agar Pindo Deli berkomitmen melakukan perbaikan," katanya, saat mengunjungi PT Pindo Deli II Karawang, Rabu (21/9).

Bupati mendatangi PT Pindo Deli II bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono, Kajari Karawang Martha Parulina Berliana, serta Dandim 0605/Karawang Letkol Kav Makhdum Habiburahman.

"Saya sengaja mengundang jajaran Forkopimda (Kapolres, Kajari dan Dandim) untuk menyaksikan komitmen Pindo Deli dalam melakukan perbaikan-perbaikan," ujarnya.

Menurut dia, peristiwa keracunan gas pabrik Pindo Deli II yang dialami warga Kampung Cigempol tidak bisa didiamkan, karena peristiwa itu sudah terjadi berulang-ulang, yakni pada Desember 2017, Mei 2018, Juni 2021 dan pada 14 September 2022.

"Kami tidak bisa tinggal diam, karena peristiwa ini sudah terjadi empat kali. Ini menandakan kalau masyarakat (yang tinggal di dekat pabrik) tidak aman," jelasnya.

Atas hal tersebut perlu dilakukan penanganan serius yang meliputi penanganan jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

Hal tersebut dituangkan dalam pakta integritas yang akan ditandatangani pihak Pindo Deli II serta jajaran Forkopimda Karawang.

Forkopimda Kabupaten Karawang datangi PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills II untuk meminta pihak pabrik menandatangani pakta integritas.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News