Puluhan Anak di Jabar Keracunan Jajanan Chiki Ngebul

Sabtu, 07 Januari 2023 – 14:59 WIB
Puluhan Anak di Jabar Keracunan Jajanan Chiki Ngebul - JPNN.com Jabar
Ilustrasi keracunan. Ilustrator: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Puluhan anak di Jawa Barat (Jabar) mengalami keracunan akibat chiki (makanan ringan) ngebul (berasap). Satu di antaranya mengalami peradangan usus.

Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar Ryan Bayusantika Rustandi mengatakan, puluhan anak yang terkonfirmasi keracunan chiki ngebul terdapat di 2 wilayah. Di antaranya, 24 anak berasal dari Kabupaten Tasikmalaya dan 4 anak di Kota Bekasi.

"Dua kejadian itu berada di Kabupaten Tasikmalaya pada tanggal 15 November 2022 dan Kota Bekasi pada tanggal 21 Desember 2022," ucap Ryan di Kota Bandung, dikutip Sabtu (7/1).

Dia menyebut, untuk kasus di Kabupaten Tasikmalaya terdapat satu anak yang harus mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit. Sementara 16 anak tidak bergejala, dan tujuh anak lainnya bergejala.

"Jadi yang 24 itu 7 berubah gejalanya itu menjadi sakit perut dan pusing, itu diobservasi di Puskesmas," kata Ryan.

Meski begitu, kata Ryan, untuk anak yang dilarikan ke rumah sakit di Kabupaten Tasikmalaya saat ini sudah dipulangkan.

Selanjutnya, untuk kasus di Kota Bekasi tercatat ada 4 anak yang keracunan seusai mengonsumsi Chiki Ngebul.

Dari angka tersebut, 1 anak dilarikan ke RS Haji Jakarta Selatan karena mengalami peradangan pada bagian dinding ususnya. Dengan demikian, total ada 28 anak yang mengalami keracunan di Jabar seusai mengonsumsi Chiki Ngebul.

Sebanyak 28 anak di wilayah Jawa Barat terkonfirmasi keracunan jajanan chiki ngebul. Satu di antaranya mengalami peradangan usus.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News