Waspada! Sederet Gejala Sepele Ini Bisa Jadi Pertanda Anda Mengidap Penyakit Jantung

Jumat, 16 September 2022 – 17:30 WIB
Waspada! Sederet Gejala Sepele Ini Bisa Jadi Pertanda Anda Mengidap Penyakit Jantung - JPNN.com Jabar
Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Rumah Sakit Eka Hospital Cibubur, Markz Roland Mulia Pargomgom Sinurat. Foto: Yogi Faisal/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Serangan jantung masih menjadi pembunuh nomor satu di dunia. Hal ini karena kemunculan penyakit tersebut sukar diketahui, ditambah lagi gejala awal yang ditimbulkan kerap kali dianggap remeh lantaran mirip dengan gejala penyakit ringan.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Rumah Sakit Eka Hospital Cibubur, Markz Roland Mulia Pargomgom Sinurat mengatakan secara umum penyakit jantung terbagi menjadi dua kategori.

Pertama, penyakit jantung koroner dan kedua penyakit jantung perifer. Penyakit jantung koroner adalah kondisi ketika arteri koroner tersumbat oleh timbunan lemak.

"Kalau penyakit jantung perifer terjadi karena penyumbatan aliran darah ke tungkai atau tangan akibat penyempitan pembuluh darah yang berasal dari jantung (arteri)," katanya, Jumat (16/9).

Gejala yang ditimbulkan penyakit jantung koroner meliputi nyeri dada atau ketidaknyamanan pada dada yang menjalar ke leher, rahang, bahu, tangan sisi kiri, punggung, perut sisi kiri, keringat dingin, mual, muntah hingga mudah lelah.

Sementara gejala yang ditimbulkan penyakit jantung perifer berupa rasa dingin pada tungkai atau kaki bagian bawah, keram yang menyakitkan pada otot pinggul, paha, betis pascamelakukan aktivitas tertentu.

Tak hanya itu, muncul juga gejala seperti pertumbuhan kuku kaki yang lambat serta disfungsi ereksi pada pria.

"Gejala di atas kalau dilihat selintas sama seperti penyakit umum yang ringan, makanya banyak orang yang tidak sadar dan menyepelekan gejala-gejala itu, padahal itu semua ciri gejala penyakit jantung koroner dan perifer," ujarnya.

Mengenal lebih jauh, gejala, penyebab dan cara mengantisipasi penyakit jantung sedari dini. Simak penjelasan lengkapnya di sini.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News