Peringati Hari Jantung Sedunia, Masyarakat Jabar Diajak Terapkan Pola dan Hidup Sehat

Kamis, 28 September 2023 – 21:00 WIB
Peringati Hari Jantung Sedunia, Masyarakat Jabar Diajak Terapkan Pola dan Hidup Sehat - JPNN.com Jabar
Potret kemeriahan perayaan Hari Jantung Sedunia atau World Heart Day (WHD) 2023 tingkat Jawa Barat yang digelar di depan Gedung Sate, Kota Bandung. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Peringatan Hari Jantung Sedunia atau World Heart Day (WHD) 2023 tingkat Jawa Barat digelar di depan Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (28/9).

Berbagai kegiatan dilakukan sebagai bagian dari kampanye kesehatan jantung yang dicanangkan oleh WHO kepada seluruh dunia guna menyaring gejala awal kejadian stroke yang terjadi di masyarakat.

Ketua Pelaksana Hari Jantung Sedunia 2023, Arnita Sari mengatakan antusiasme masyarakat dalam peringatan HWD 2023 cukup tinggi.

Di mana 3 ribu masyarakat ikut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan seperti jalan sehat, parade kostum unik, edukasi Menari (Meraba Nadi Sendiri) dan praktik memberikan Bantuan Hidup Dasar (BHD) yang benar pada orang yang mengalami henti jantung.

"Acara ini dipersembahkan untuk masyarakat Indonesia secara umum dan khususnya warga Bandung sekaligus mengedukasi kepada masyarakat agar dapat melakukan tindakan pencegahan penyakit terkait jantung," kata Arnita.

Dia menjelaskan kegiatan ini pun diisi dengan pelatihan yang bekerja sama dengan RS Jantung dan Pembuluh Darah (RSJP) Paramarta. Di mana pihaknya ingin memasyarakatkan pertolongan pertama pada henti jantung.

"Kalau ada henti jantung, selama ini banyak beredar di media sosial pertolongan yang salah. Jadi kami mengajarkan bagaimana menolong orang yang dengan henti jantung yang benar seperti apa," ujarnya.

Dirinya berharap dengan adanya pengetahuan di masyarakat diharapkan masyarakat yang mengalami henti jantung bisa tertolong, bahkan lebih jauh dengan penanganan pertama yang tepat bisa sehat lagi.

Dalam peringatan hari jantung sedunia, masyarakat Jawa Barat diedukasi soal bagaimana menjaga kesehatan jantung dan pertolongan pertama henti jantung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News