Pandangan Cipayung Plus Jabar Soal Pengalihan Subsidi BBM

Kamis, 01 September 2022 – 22:43 WIB
Pandangan Cipayung Plus Jabar Soal Pengalihan Subsidi BBM - JPNN.com Jabar
Organisasi kepemudaan yang tergabung dalam Kelompok Cipayung Plus Jawa Barat memberikan pandangan terkait rencana pemerintah mengalihkan dana subsidi BBM. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Sejumlah organisasi kepemudaan (OKP) yang tergabung dalam Kelompok Cipayung Plus Jawa Barat (Jabar) memberikan pandangan terkait rencana pemerintah mengalihkan dana subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM).

Ragam pandangan seputar wacana penyesuaian subsidi energi ini tercurah melalui Diskusi Publik bertajuk “Penyesuian Harga BBM dan Pengalihan Subsidi ke Sasaran yang Lebih Tepat” yang digelar di Graha HMI Bandung, Rabu (31/8).

Hadir sebagai pembicara, Ketua Umum Badko HMI Jabar Firman Nasution, Korwil III GMKI Jabar-Banten Andreas Simanjuntak, Ketua Umum KAMMI Jabar Ahmad Jundi, Putu Lingga (Ketua PD KMHDI Jabar), Amirul Muttaqien (Ketua PW Hima Persis Jabar), Faisal Amien Prawira (Ketua DPD IMM Jabar), dan Ketua Umum PW Hima PUI Jabar, Isep Saepulloh.

Ketum Badko HMI Jabar Firman Nasution mengatakan, kebijakan pengalihan subsidi BBM merupakan langkah yang tepat untuk situasi saat ini.

Kondisi beban negara, kata Firman, akibat subsidi yang tidak tepat sasaran jadi alasan mengapa perlu adanya penyesuaian ulang.

“Kami mencermati dalam memberikan subsidi pada BBM ini justru cenderung dinikmati oleh kelas menengah ke atas. Sedangkan jika berbicara subsidi, seharusnya diarahkan kepada masyarakat menengah ke bawah,” kata Firman dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, Kamis (1/9).

Oleh karena itu, pihaknya mendorong pemerintah agar mengalihkan subsidi BBM ke sektor yang lebih tepat, seperti listrik dan aneka kebutuhan dasar lainnya bagi masyarakat kurang mampu.

Hal ini tidak terlepas dari fakta masih banyak daerah yang belum memiliki infrastruktur dasar berupa listrik yang memadai.

Organisasi kepemudaan yang tergabung dalam Kelompok Cipayung Plus Jawa Barat memberikan pandangan terkait rencana pemerintah mengalihkan dana subsidi BBM.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News