Program Ketahanan Pangan Jadi Jurus Andalan Pemkab Karawang Atasi Inflasi

Jumat, 16 September 2022 – 16:05 WIB
Program Ketahanan Pangan Jadi Jurus Andalan Pemkab Karawang Atasi Inflasi - JPNN.com Jabar
Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana. Foto: ANTARA/Istimewa

jabar.jpnn.com, KARAWANG - Pemerintah Kabupaten Karawang mengandalkan optimalisasi program ketahanan pangan sebagai salah satu langkah untuk pengendalian inflasi di daerahnya.

"Persoalan inflasi harus disikapi secara serius. Program ketahanan pangan jadi proyek kami ke depan untuk mengatasi inflasi," kata Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, Jumat (16/9).

Dia menyampaikan sebelumnya pihaknya telah mendapat arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Kapolri, dan menteri terkait perihal pengendalian inflasi pascakenaikan harga BBM bersubsidi.

Menurut dia, Pemkab Karawang bersama stakeholder terkait bakal memanfaatkan lahan tidur. Jadi, lahan tidur itu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

Masyarakat juga diminta turut berbudidaya, baik pangan, ternak, hingga perikanan. Misalnya ternak lele dengan metode tumpangsari.

Untuk merealisasikan hal tersebut pihaknya tengah berkoordinasi dengan Perhutani, karena kebanyakan lahan tidur di Karawang dikelola oleh Perhutani.

"Dengan melakukan budidaya, mudah-mudahan sedikit bisa membantu menekan inflasi dan juga tetap bisa kami jamin kesejahteraannya. Minimal masyarakat bisa memiliki harapan hidup sehari-hari," kata dia.

Menurut dia, ketahanan pangan menjadi program kerja Pemkab Karawang pada 2023. Di antaranya mengajak masyarakat berbudidaya.

Pemkab Karawang mengandalkan optimalisasi program ketahanan pangan sebagai salah satu langkah untuk pengendalian inflasi pascakenaikan harga BBM.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News