Sikap MUI Jabar Soal Gerai Mie Gacoan Tak Memiliki Sertifikat Halal

Kamis, 25 Agustus 2022 – 13:35 WIB
Sikap MUI Jabar Soal Gerai Mie Gacoan Tak Memiliki Sertifikat Halal - JPNN.com Jabar
Mie Gacoan, di Jalan Raya Margonda, Kota Depok, Jumat (25/2). Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Majelis Ulama Indonesia (MUI) angkat bicara soal brand makanan Mie Gacoan yang belum mengantongi sertifikat halal.

Sekretaris Umum (Sekum) MUI Jabar Rafani Ahyar mengatakan, Mie Gacoan menggunakan nama yang menurut pandangannya tidak baik maknanya.

Sehingga, pihak MUI pun belum mengeluarkan sertifikasi kehalalannya.

"Tidak secara eksplisit, itu kan sesuatu yang sudah lumrah. Sudah seharusnya memberi nama itu yang baik-baik," kata Rahani dikonfirmasi, Kamis (25/8).

Rafani mengungkapkan, bila sebuah produk makanan mengajukan sertfikasi halal namun ada hal-hal yang belum terpenuhi, maka pihaknya bisa memberikan saran, termasuk mengganti nama yang mengandung keburukan itu.

"Nama menunya saja tidak bagus. Kami berkewajiban juga kalau ada yang mengusulkan sertifikat halal tetapi namanya batil, itu pasti kami tegur," ujar dia.

"Tetapi selama ini MUI belum pernah mendengar dan mengeluarkan sertifikasi halal yang menggunakan nama tidak baik atau buruk," ungkapnya.

Dia pun meminta, agar perusahaan makanan tidak asal dalam memberikan nama produk dagangnya.

MUI mengungkapkan kalau pihaknya tidak pernah mengeluarkan sertifikat halal produk dagang dengan nama tidak baik.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News