Cegah Kekerasan Terhadap Anak, Pemkab Bogor Luncurkan Program Sapa Si Gadis

Jumat, 22 Juli 2022 – 13:40 WIB
Cegah Kekerasan Terhadap Anak, Pemkab Bogor Luncurkan Program Sapa Si Gadis - JPNN.com Jabar
Ilustrasi kekerasan terhadap anak. Grafis: Rahayuning Putri Utami/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) meminta kepada para orang tua untuk mendampingi anak-anaknya saat mengakses internet. 

Ketua P2TP2A Wanoja Mitandang Kabupaten Bogor Euis Kurniasih Hidayat mengatakan, pendampingan anak saat mengakses internet penting untuk dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk itu, penguatan kepada orang tua dan penguatan kepada masyarakat sangat diperlukan, apalagi perlindungan dan pemenuhan hak anak harus diwujudkan kapan saja dan di mana saja tidak terkecuali saat mengakses internet.

“Pencegahan sesungguhnya adalah tanggungjawab bersama, karena hal itu merupakan salah satu prioritas, penguatan, pemberdayaan masyarakat,” ujar Euis.

Berdasarkan data P2TP2A, kasus kekerasan yang menimpa anak di Kabupaten Bogor di antaranya akibat penggunaan internet yang tidak terkontrol.

Tentang pornografi, pencegahan kekerasan, dan bagaimana menjaga keluarga, diperlukan sinergi dengan pihak penegak hukum dan aparat setempat, agar semua masyarakat melek dan setiap keluarga dapat menjaga anak-anaknya dengan baik.

“Pada 2021 sudah ada UPT Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), yang bisa membantu kami dalam proses percepatan,” jelasnya.

Jika biasanya mereka melakukan outreach kasus lapangan sendiri, sekarang kami berkomunikasi dengan UPT yang berada di wilayah bersangkutan.

Cegah kekerasan terhadap anak, P2TP2A Kabupaten Bogor luncurkan program 'Si Gadis' dan 'Sapa' hingga ajak masyarakat awasi anak saat mengakses internet.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News