Pelajari Cara Beretika di Dunia Maya, Ratusan Siswa SMK Ikut Pelatihan Literasi Digital

Senin, 25 Maret 2024 – 07:55 WIB
Pelajari Cara Beretika di Dunia Maya, Ratusan Siswa SMK Ikut Pelatihan Literasi Digital - JPNN.com Jabar
Salah satu siswa menerima sertifikat pelatihan seusai mengikuti pelatihan literasi digital hasil kerja sama PT Telkom dengan YPT di SMK Telkom Bandung. Foto: sources for jpnn

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BANDUNG - Ratusan siswa di SMK Telkom Bandung mengikuti pelatihan literasi digital, hasil kerja sama PT Telkom unit CDC dengan Yayasan Pendidikan Telkom (YPT). 

Total ada 450 siswa kelas X dan XI yang diberikan pelatihan mengenai tata cara beretika di dunia maya, yang diselenggarakan di Kampus SMK Telkom Bandung Jalan Radio Palasari, Kabupaten Bandung. 

Dosen Universitas Telkom yang juga pemateri dalam kegiatan ini, Periyadi mengatakan kunci menghindari dampak negatif dari komunikasi di dunia maya adalah menjaga dan menjalankan etika digital. 

Kata dia, banyak sekali kerugian yang akan didapat seandainya pelaku komunikasi digital atau dunia maya tidak mengindahkan etika digital.  

"Secara nyata jika tidak mengindahkan Network Etiquette (Netiket) akan merugikan penggunanya dengan mendatangkan sanksi sosial dan sanksi hukum," katanya dalam keterangan, Senin (25/3). 

Ada empat pilar yang harus dipelajari sebelum masyarakat berkomunikasi digital, yaitu digital skill, digital safety, digital culture, dan digital ethics.

Menurutnya, kasus kejahatan digital atau dampak negatif komunikasi digital di Indonesia masih sangat tinggi.

Semua itu dilatarbelakangi rendahnya literasi digital di Indonesia yang tercatat hanya 62% atau terendah dari negara ASEAN yang rata-rata sudah 70%.

Siswa SMK Telkom Bandung mengikuti pelatihan literasi digital tata cara berkomunikasi di dunia maya dengan baik dan benar.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News