Ombudsman Jabar Dorong Pemkab Garut Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Kamis, 19 Mei 2022 – 23:45 WIB
Ombudsman Jabar Dorong Pemkab Garut Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik - JPNN.com Jabar
Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat, Dan Satriana (kedua kanan) bersama pejabat Pemkab Garut dalam acara Bimbingan Teknis Pendampingan Tingkat Kepatuhan Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik Pemkab Garut Tahun 2022 di Aula Setda Garut, Kamis (19/5/2022). (ANTARA/HO-Diskominfo Garut)

jabar.jpnn.com, GARUT - Ombudsman Jabar mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Pasalnya, nilai kepatuhan pelayanan publik Pemkab Garut mengalami penurunan dari tertinggi ke kepatuhan sedang.

Demikian disampaikan Ketua Ombudsman Jabar Dan Satriana saat acara Bimbingan Teknis Pendampingan Tingkat Kepatuhan Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik Pemkab Garut Tahun 2022 di Garut, Kamis (19/5).

"Datang ke Garut atas undangan dari Kepala Bagian Organisasi Kabupaten Garut dalam rangka peningkatan kualitas penerapan standar layanan publik, ini kami penuhi sebagai bentuk apresiasi kami terhadap komitmen pemerintah setempat," kata Dan Satriana.

Dan menuturkan, Ombudsman menyambut baik adanya inisiatif Pemkab Garut yang ingin meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Dia berharap adanya dorongan dan motivasi bisa kembali menaikkan penilaian bagi Pemkab Garut dalam memberikan pelayanan publik di berbagai sektor di lingkungan pemerintah daerah.

"Ingin memberikan motivasi agar Garut yang pernah mendapatkan predikat Kepatuhan Tertinggi dan kemudian turun menjadi Kepatuhan Sedang, (bisa) bangkit lagi, dan insya Allah bisa mencapai Kepatuhan Tertinggi pada tahun ini," kata Dan.

Menurutnya, bimbingan teknis kali ini membahas tentang menyamakan pemahaman tentang standar pelayanan publik berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Kemudian, lanjut Dan, kondisi nyata penerapan standar pelayanan di masing-masing penyelenggara layanan publik, selanjutnya rencana tindak lanjut secara bertahap melakukan perbaikan kualitas layanan.

Melalui Bimbingan Teknis atau Bimtek, Ombudsman Jabar mendorong Pemkab Garut meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News