Kata Ngatawi Al-Zastrow, Karena Hal Ini Depok Menjadi Kota Intoleran

Selasa, 05 April 2022 – 14:00 WIB
Kata Ngatawi Al-Zastrow, Karena Hal Ini Depok Menjadi Kota Intoleran - JPNN.com Jabar
Penggerak Kerukunan Beragama yang juga Kepala Makara Art Center UI Ngatawi Al-Zastrow. Dokumen Pribadi.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Penggerak Kerukunan Beragama Ngatawi Al-Zastrow turut memberikan komentar terkait hasil survei Setara Institute yang menyebut bahwa Depok menjadi kota paling rendah dalam hal toleransi.

Pria yang juga berprofesi sebagai Dosen Pasca Sarjana di Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA) Jakarta ini menyebut, hasil survei itu seharusnya menjadi refleksi bersama, kenapa daerah yang dipimpin oleh pemerintah dari partai islam tetapi toleransinya rendah.

“Pemerintah daerah dari partai yang mengklaim dan menggunakan identitas keislaman yang saya sebut dengan islam politik, justru mereka menunjukan kecenderungan eksklusif dan dominan,” ucapnya, saat dihubungi JPNN.com, Selasa (5/4).

Hal tersebut juga menunjukan pemahaman keislaman masyarakat Depok karena sudah terkontaminasi islam politik. Hingga akhirnya menjadi eksklusif, tertutup, dan intoleran.

"Kalau sudah terkontaminasi islam politik, mereka akan merasa berkuasa, merasa mayoritas, sehingga mereka disemangati oleh misi suci untuk mengeksklusifkan orang-orang yang ada di luar kelompoknya,” tuturnya.

Menurutnya hal ini perlu menjadi peringatan, bagaimana islam itu digunakan sebagai tameng politik sehingga nilai-nilai universal, nilai kemanusiaan sudah tidak lagi muncul.

“Sehingga apa yang terjadi di Depok ini, menunjukan bukti bahwa penggunaan simbol-simbol agama dalam dunia politik membuat semakin eksklusif. Terlebih ketika dia mendominasi, berkuasa, merasa menjalankan misi suci agama itu untuk semua orang,” jelasnya.

Dia meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk tidak langsung menentang dan menolak hasil survei yang dilakukan oleh Setara Institute tersebut.

Begini Komentar Tajam Ngatawi Al-Zastrow soal hasil survei Setara Institute yang menyebut Kota Depok menjadi kota paling rendah dalam hal toleransi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News