Setara Institute: Depok Jadi Kota Paling Intoleran di Indonesia

Rabu, 31 Januari 2024 – 13:30 WIB
Setara Institute: Depok Jadi Kota Paling Intoleran di Indonesia - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Kota Depok. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Kota Depok kembali menjadi kota dengan toleransi paling rendah, berdasarkan hasil studi Indeks Kota Toleran (IKT) 2023 Setara Institute.

Hasil rilis tersebut juga dipaparkan dan disiarkan langsung di akun YouTube Setara Institute.

Berdasarkan hasil studi tersebut, kota dengan toleransi tertinggi yakni Kota Singkawang, Kalimantan Barat dengan skor 6.500 dan disusul dengan Kota Bekasi dengan skor 6.460.

Sementara Kota Depok menempati peringkat terbawah dari 94 kota se-Indonesia dengan skor 5.050.

Ketua Badan Pengurus Setara Institute, Ismail Hasani mengatakan IKT tersebut lahir dari studi ilmiah dan diukur dari beberapa sektor.

Pertama, dinilai berdasarkan regulasi pemerintah dan sosial. Kemudian, tindakan pemerintah dan demografi agama di sebuah kota.

“Bahwa indeks kota toleran ini adalah satu kerja studi pengukuran terhadap kinerja kota-kota di Indonesia,” ucap Ismail dalam sambutannya.

Dia menyebut bahwa yang dinilai bukan hanya kinerja dari wali kotanya saja.

Kota Depok kembali menjadi kota dengan tingkat toleransi paling rendah berdasarkan hasil studi Setara Institute di tahun ini.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News