Panen Raya Padi Organik di Indramayu, Produksi Meningkat 50 Persen

Kamis, 26 September 2024 – 08:15 WIB
Panen Raya Padi Organik di Indramayu, Produksi Meningkat 50 Persen - JPNN.com Jabar
Pjs Bupati Indramayu Dedi Taufik dalam kegiatan panen raya, Rabu (25/9). Foto: sources for JPNN

jabar.jpnn.com, INDRAMAYU - Para petani di Desa Ujung Pendok Jaya, Ujung Jaya, dan Ujungaris Kecamatan Widasari serta Desa Taman Sari Kecamatan Lelea, memanen padi organik dilahan seluas 1.000 hektar.

Panen raya tersebut menjadikan Kabupaten Indramayu sebagai percontohan nasional dalam pengembangan pertanian organik seluas 1.000 hektar.

Pertanian organik ini, menjadi program peningkatan produksi pertanian dengan penerapan pupuk organik cair yang dikembangkan Kementerian Pertanian RI, di Kabupaten Indramayu.

Pjs. Bupati Indramayu Dedi Taufik Kurohman mengapresiasi para petani Indramayu yang berhasil melakukan penanaman padi organik, sehingga meningkatkan produktivitas pertanian yang signifikan dibanding tahun sebelumnya.

Dedi Taufik yang juga menjabat sebagai Kepala Bapenda Jabar itu menilai, kolaborasi antara petani, penyuluh pertanian, dan pemerintah sangat penting untuk mencapai produktivitas yang optimal.

"Kita patut bersyukur karena potensi alam yang kita miliki sangat besar. Kolaborasi antara lahan, petani, PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan), dan pemerintah harus terus diperkuat. Sinergitas ini menjadi kunci keberhasilan," kata Dedi Taufik, dikutip Kamis (26/9/2024).

Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Indramayu Sugeng Heriyanto menambahkan, panen raya ini merupakan bukti nyata keberhasilan program pertanian seluas seribu hektare yang meningkatkan produksi gabah hingga 13,7 ton/hektare gabah kering pungut dengan varietas padi Ciherang.

Menurutnya, angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 50 persen dari hasil tahun sebelumnya yang hanya 8-9 ton/hektar.

Para petani di Kabupaten Indramayu memanen padi organik di lahan seluas 1.000 hektar. Pjs Bupati Indramayu mengapresiasi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News