Pemprov Pamer Capaian Aset Bank Syariah di Jabar Tembus Rp843 Triliun

Selasa, 23 April 2024 – 20:30 WIB
Pemprov Pamer Capaian Aset Bank Syariah di Jabar Tembus Rp843 Triliun - JPNN.com Jabar
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin saat menghadiri kegiatan Pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) di Gedung Sate, Jalan Diponegoro,Kota Bandung, Selasa (23/4). Foto: sources for jpnn

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menyampaikan beberapa capaian ekonomi syariah di hadapan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Sektor ekonomi syariah di Jabar diklaimnya sudah berjalan dengan maksimal. 

Bey mengatakan, pada triwulan IV 2023 ekonomi Jabar tumbuh sebesar 5,15 persen melampaui triwulan sebelumnya sebesar 4,58 persen dengan pertumbuhan nasional 5,04 persen. 

Adapun pertumbuhan ini didorong oleh konsumsi rumah tangga investasi dan sektor industri dan perdagangan. 

"Kami sampaikan juga bahwa perkembangan ekonomi dan keuangan syariah di Jawa Barat memiliki potensi yang besar di sektor perbankan. Pada 2023 total aset Bank Syariah di Jawa Barat mencapai 843 triliun," kata Bey dalam kegiatan Pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) di Gedung Sate, Jalan Diponegoro,Kota Bandung, Selasa (23/4). 

Selain perbankan, lanjut Bey, sektor industri nilai ekspor makanan dan minuman halal di Jawa Barat mencapai Rp4,8 miliar Dollar Amerika Serikat. Ekspor obat-obatan halal juga mencapai sebesar Rp243 juta dolar Amerika Serikat pada tahun 2023.

"Di tahun yang sama total penghimpunan zakat infak dan sedekah di Jawa Barat tercatat mencapai Rp6,5 triliun," jelasnya. 

Selain soal barang halal, kata Bey, Pemprov Jabar juga terus memupuk SDM sektor ekonomi syariah melalui universitas.

Banyak universitas di Jawa Barat yang kini membuka program studi untuk ekonomi syariah. Menurut dia hal itu penting untuk penguatan SDM. 

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin memamerkan sejumlah pencapaian Bank Syariah di hadapan Wapres Ma'ruf Amin.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News