Polda Jabar Liburkan Operasional Delman Selama Mudik Lebaran

Kamis, 28 Maret 2024 – 22:20 WIB
Polda Jabar Liburkan Operasional Delman Selama Mudik Lebaran - JPNN.com Jabar
Ilustrasi macet saat mudik lebaran. Foto: dok jpnn

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jabar melakukan sejumlah CB-CB (cara bertindak) untuk mengantisipasi kemacetan yang kerap terjadi di jalur selatan saat periode mudik lebaran.

Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Wibowo mengatakan, titik kepadatan biasanya terjadi di wilayah Limbangan, Garut, karena adanya operasional Pasar Limbangan dan maraknya penyeberang jalan.

Polisi akan menyiapkan one way sepenggal untuk mengantisipasi kepadatan di sana.

“Kalau memang arus mudiknya panjang, maka dari arah Tasik akan ditutup dulu. Kami prioritaskan untuk menarik kendaraan dari arah Bandung dulu. Begitu pun, ketika arus balik nanti cukup panjang dari arah Tasik, maka dari arah Bandung kami pending sementara, kami prioritaskan kendaraan yang dari arah Kota Tasik,” kata Wibowo, Kamis (28/3).

Kemudian, polisi juga menyoroti jalur Gentong di Tasikmalaya yang kontur jalannya berkelok dan menanjak.

Di sana, kerap kali ada kendaraan yang kesulitan menanjak dan mengakibatkan terjadinya kepadatan. Selain menempatkan personel untuk mengatur lalu lintas, polisi memaksimalkan jasa warga bernama ‘Tim Ganjal’.

“Kami punya potensi masyarakat yang cukup membantu kami, ada namanya Tim Ganjal yang akan beroperasi di wilayah Gentong ini. Minimal dia bisa membantu untuk menyingkirkan atau menggeser kendaraan trouble ke bahu jalan, sehingga tidak mengganggu ke jalur utama,” jelasnya.

Wibowo mengungkapkan, sistem one way juga akan diterapkan secara situasional di Kadungora, Kabupaten Garut.

Ditlantas Polda Jabar menyiapkan sejumlah CB-CB untuk mengantisipasi kemacetan di jalur selatan saat arus mudik lebaran 2024.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News