Disdik Purwakarta dan Kemenkominfo Berikan Edukasi Bahaya Phising untuk Orang Tua Siswa

Kamis, 28 Maret 2024 – 22:10 WIB
Disdik Purwakarta dan Kemenkominfo Berikan Edukasi Bahaya Phising untuk Orang Tua Siswa - JPNN.com Jabar
Tingkatkan pemahaman masyarakat soal Ruang Digital, Kemenkominfo Gandeng Disdik Purwakarta menggelar webinar bertajuk 'Jangan Asal Klik, Waspada Link Phising'. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta menyelenggarakan kegiatan Webinar dengan peserta berasal dari orang tua siswa.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai Hak dan Tanggungjawab di Ruang Digital dengan tajuk 'Jangan Asal Klik, Waspada Link Phising' pada Rabu (27/3).

Acara ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan tingkat Literasi Digital 50 juta masyarakat Indonesia pada tahun 2024 menuju Indonesia #MakinCakapDigital.

Berdasarkan hasil survey, indeks literasi digital nasional pada tahun 2022 naik sebesar 0,05 poin menjadi 3,54 dari capaian indeks tahun sebelumnya. Ada tiga pilar yang meningkat, yaitu Pilar 1 (Digital Skill) naik sebesar 0,08 poin, Pilar 2 (Digital Ethics) naik sebesar 0,15 poin, dan Pilar 3 (Digital Safety) naik 0,02 poin. Pilar 4 (Digital Culture) menurun sebesar 0,06 poin, pola pada pilar ini tidak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya.

Secara umum urutan pada tiap indikator memiliki urutan yang sama walaupun terdapat kecenderungan penurunan pada tiap indikator pada indikator teratas. Seperti penyesuaian cara berkomunikasi agar kedua pihak tidak tersinggung mengalami penurunan dari 3,82 (tahun 2021) menjadi 3,81 (tahun 2022). Sedangkan indikator dengan nilai indeks terendah cenderung mengalami kenaikan.

Seperti keterbiasaan mencari tahu apakah informasi yang ditemukan di website benar atau salah naik dari 3,05 (tahun 2021) menjadi 3,25 (pada 2022). Walaupun secara umum terdapat kenaikan indikator, pengetahuan mengenai perangkat keras dan lunak mengalami penurunan dari tahun sebelumnya.

Pengetahuan perangkat keras mengalami sedikit penurunan dari 49% menjawab benar, menjadi 42% menjawab benar. Begitu juga pengetahuan tentang perangkat lunak yang mengalami penurunan dari 48% menjawab benar, menjadi 45% menjawab benar.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Purwanto menuturkan, kegiatan Literasi Digital Sektor Pendidikan merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital.

Tingkatkan pemahaman masyarakat soal Ruang Digital, Kemenkominfo Gandeng Disdik Purwakarta menggelar webinar bertajuk 'Jangan Asal Klik, Waspada Link Phising'.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News