DKPP Jabar Akui Wilayahnya Sebagai Pemasok Daging Anjing ke Jakarta dan Jateng

Sabtu, 13 Januari 2024 – 14:00 WIB
DKPP Jabar Akui Wilayahnya Sebagai Pemasok Daging Anjing ke Jakarta dan Jateng - JPNN.com Jabar
Ilustrasi. Anjing-anjing dikerangkeng. Foto: SCMP

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Jawa Barat disebut sebagai pemasok daging anjing ke wilayah DKI Jakarta dan Jawa Tengah. Hal itu pasca terungkapnya penyelundupan ratusan anjing via Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang.

Dalam pengungkapan tersebut, pelaku berdalih mengantongi surat keterangan jalan dari Polres Subang serta Surat Perjalanan Ternak dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan UPTD Pasar Hewan Pemkab Subang.

Dikonfirmasi terpisah, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat mengakui wilayahnya termasuk daerah yang menjadi pemasok penjualan anjing untuk dikonsumsi ke DKI Jakarta dan Jawa Tengah.

Kepala DKPP Jabar Mohamad Arifin Soedjayana mengatakan, populasi anjing di Jabar terbilang cukup banyak, meski tidak menyebut angka pastinya.

Karena itu, ia tak menampik jika Jabar disebut sebagai pemasok utama daging anjing.

“Hanya memang kalau dari sisi populasi, Jabar cukup banyak. Makanya kalau disebut itu berasal dari Jabar, itu ya,” kata Arifin, Sabtu (13/1).

Menurut Arin, ada sejumlah kabupaten kota yang menjadi pusat pengepulan anjing. Daging tersebut kemudian dikirim ke daerah lain.

“Ada sembilan daerah, itu Garut, Sumedang, Subang, Kuningan, Majalengka, Indramayu, Cianjur, Sukabumi, Tasikmalaya,” ujarnya.

Penjelasan DKPP Jabar soal wilayahnya sebagai pemasok daging anjing ke wilayah DKI Jakarta dan Jawa Tengah.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News