Pemprov Jabar Tuntaskan Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah untuk 4,4 Juta KPM

Kamis, 04 April 2024 – 14:17 WIB
Pemprov Jabar Tuntaskan Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah untuk 4,4 Juta KPM - JPNN.com Jabar
Pemprov Jabar telah menuntaskan penyaluran bantuan cadangan pangan beras bagi 4.445.601 keluarga penerima manfaat (KPM) di wilayahnya tahap 1 tahun 2024. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menuntaskan penyaluran bantuan cadangan pangan beras bagi 4.445.601 keluarga penerima manfaat (KPM) di wilayahnya tahap 1 Tahun 2024.

Penyaluran bantuan pangan yang dikoordinasikan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat bersama Perum Bulog Wilayah Jawa Barat dan PT Pos Indonesia Regional 2 dan 3 Wilayah Jawa Barat ini, merupakan bagian dari program Cadangan Pangan Pemerintah (CPP).

Presiden Jokowi mengamanatkan penyaluran CPP (Cadangan Pangan Pemerintah) untuk pemberian bantuan pangan kepada 22.004.077 KPM (Keluarga Penerima Bantuan) untuk Komoditas Beras, dimana setiap keluarga akan mendapatkan 10 kg beras.

Kepala DKPP Jabar Moh Arifin Soedjayana mengatakan penyaluran bantuan pangan tahap 1 untuk wilayah Provinsi Jawa Barat yang dimulai pada Januari-Maret 2024 sudah tuntas disalurkan.
"Alhamdulilah, untuk tahap 1 tersalurkan 100 persen dengan penerima sejumlah 4.445.601 KPM atau setara dengan 44.456.010 kg beras," kata Arifin dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Kamis (4/4).

Arifin pun berharap bantuan pangan komoditas beras yang diterima oleh masyarakat Jawa Barat dapat menjadi salah satu solusi dalam menekan inflasi menjelang Idul Fitri 2024.

"Semoga bantuan pangan ini dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat menjelang hari raya Idul Fitri. Untuk Alokasi Penyaluran Tahap 2 masih menunggu arahan dari pemerintah Pusat," tuturnya.

Arifin menuturkan, sumber data KPM program CPP ini berasal dari data P3KE Kemenko PMK yang diserahkan kepada Badan Pangan Nasional, dilanjutkan dengan Penugasan Kepada Perum BULOG untuk penyaluran Bantuan Pangan Komoditas Beras.

Menurutnya, mekanisme penugasan sampai penyaluran dan penggantian penerima mengacu ke Keputusan Kepala Badan Pangan Nasional Republik Indonesia Nomor 01/TS.03.03/K/I/2024 Tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Pangan Pemerintah Untuk Pemberian Bantuan Pangan Tahun 2024.

Pemprov Jabar telah menuntaskan penyaluran bantuan cadangan pangan beras bagi 4.445.601 keluarga penerima manfaat (KPM) di wilayahnya tahap 1 tahun 2024.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News