Budhy Setiawan: Penanganan Polusi Udara Jadi PR Kita Bersama

Senin, 30 Oktober 2023 – 20:30 WIB
Budhy Setiawan: Penanganan Polusi Udara Jadi PR Kita Bersama - JPNN.com Jabar
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Fraksi Golkar, Budhy Setiawan. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Penanganan polusi udara yang saat ini melanda Indonesia, khususnya di kawasan Ibukota Jakarta dan sekitarnya menjadi Pekerjaan Rumah (PR) bersama bagi semua pihak, tidak hanya pemerintah masyarakat pun harus berperan aktif.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Fraksi Golkar, Budhy Setiawan saat menjadi narasumber Sosialisasi Penguatan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui peningkatan peran masyarakat dan sinergitas antara pemerintah bersama masyarakat.

Selain menghadirkan Budhy Setiawan, turut serta narasumber lainnya, yakni Kepala Bagian Program, Evaluasi, Hukum dan Kerja Sama Teknik pada Dirjen Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PHLHK), Ardi Risman.

Adapun sosialisasi yang diikuti masyarakat umum maupun kader wilayah, berlangsung di Ballroom Hotel Bogor Valley, Kota Bogor pada Senin, (30/10).

"Saat ini DKI Jakarta sedang mengalami kondisi darurat polusi udara dan ini berpengaruh juga terhadap wilayah-wilayah penyangga ibu kota, satu di antaranya Kota Bogor. Berdasarkan data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, penyumbang terbesar polusi udara adalah polusi dari kendaraan," ucap Budhy Setiawan.

Menurut Budhy, selama 5 tahun terakhir perkembangan kendaraan roda dua memang cukup pesat.

Oleh karena itu, KLHK sudah mengusulkan agar nanti Kementerian Perhubungan bersama pihak lalu lintas dari kepolisian bisa melaksanakan tertib dalam uji emisi, baik roda empat maupun roda dua.

"Kemungkinan nanti akan dilakukan dengan ketat adalah kendaraan-kendaraan yang masuk ke Jakarta, di mana kendaraan itu harus lolos uji emisi. Nah, uji emisi ini akan kami permudah pelaksanaannya, nanti akan ada tempat-tempat untuk memudahkan masyarakat melakukan uji emisi di wilayahnya masing-masing," ujarnya.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Fraksi Golkar, Budhy Setiawan mengatakan penanganan polusi udara menjadi PR kita bersama.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News