12.841 Kendaraan Jalani Uji KIR, Dishub Depok: 186 Tidak Lulus!

Kamis, 03 Oktober 2024 – 19:00 WIB
12.841 Kendaraan Jalani Uji KIR, Dishub Depok: 186 Tidak Lulus! - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Uji KIR. Foto: ANTARA

jabar.jpnn.com, DEPOK - Hingga Agustus 2024, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok telah berhasil melakukan Uji KIR ke 12.841 kendaraan. 

Kepala UPT Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dishub Kota Depok, Hindra Gunawan mengatakan dari jumlah tersebut sebagian besar kendaraan dinyatakan tidak lulus, karena mengalami masalah pada sistem rem yang rusak. 

"Kebanyakan kendaraan yang gagal dalam uji KIR mengalami masalah serius pada rem.,” ujarnya.

“Ini sangat berbahaya, terutama untuk kendaraan angkutan umum atau barang yang sering mengangkut penumpang atau beban berat. Rem yang tidak berfungsi dengan baik bisa menyebabkan kecelakaan fatal," ucapnya.

Dia menjelaskan bahwa kegagalan uji KIR ini tidak hanya disebabkan oleh rem, tetapi juga beberapa komponen vital lainnya yang tidak memenuhi standar. 

Selain sistem rem, pengujian melibatkan pemeriksaan menyeluruh terhadap nomor dan kondisi rangka kendaraan, tipe motor penggerak, tangki bahan bakar, sistem pembuangan, suspensi, serta kondisi roda dan ban. 

Komponen penting lain seperti lampu, panel instrumen di dashboard, kaca spion, spakbor, hingga bumper juga diuji dengan ketat.

Kendaraan yang menggunakan bahan bakar tekanan tinggi, seperti gas, juga diuji sistem converter kit-nya. 

Hingga Agustus 2024, Dishub Depok telah melakukan uji KIR terhadap 12.841 kendaraan, di mana 186 di antaranya tak lulus
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News