6 Khasiat Daun Bawang, Bantu Cegah Serangan Berbagai Penyakit Ini

Rabu, 26 Juli 2023 – 07:30 WIB
6 Khasiat Daun Bawang, Bantu Cegah Serangan Berbagai Penyakit Ini - JPNN.com Jabar
Daun bawang. Foto Shutterstock

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Daun bawang merupakan salah satu bahan masakan yang sering digunakan dalam berbagai hidangan gurih, seperti sup dan soto. Daun bawang kaya akan berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Pasalnya, kandungan nutrisi yang bisa ditemukan dalam 100 gram daun bawang, seperti air, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, mangan, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, dan lainnya. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Menjaga kesehatan mata

Salah satu manfaat mengonsumsi daun bawang yang mengandung vitamin A, yakni untuk menjaga kesehatan mata.

American Optometric Association menyebutkan, vitamin A bisa membantu memperlambat progres perkembangan penyakit miopi atau rabun jauh, khususnya pada remaja dan anak muda.

Kandungan lain dalam daun bawang, yaitu vitamin C juga memberikan manfaat untuk mencegah kerusakan oksidatif yang bisa menyebabkan katarak. Mengonsumsi daun bawang secara rutin bisa membantu menjaga kesehatan mata.

2. Mencegah peradangan

Kandungan quercetin yang terdapat pada daun bawang ternyata memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya peradangan atau inflamasi.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2020 menyatakan bahwa quercetin memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Sementara itu, kandungan vitamin C yang terkandung di dalam daun bawang memberikan manfaat sebagai antioksidan yang berperan aktif dalam memerangi peradangan.

Berikut ini enam khasiat daun bawang yang luar biasa untuk kesehatan tubuh, salah satunya bagus untuk menjaga kesehatan jantung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News