Megahnya Fasad Istana Kepresidenan di IKN Nusantara, Nyoman: Ada Hutan Di Dalam Istana

Jumat, 21 Juli 2023 – 18:50 WIB
Megahnya Fasad Istana Kepresidenan di IKN Nusantara, Nyoman: Ada Hutan Di Dalam Istana - JPNN.com Jabar
Maket patung Burung Garuda untuk Istana Kepresidenan IKN Nusantara di Galeri NuArt Sculpture Park, Kota Bandung. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Patung Burung Garuda sebagai ikon Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara saat ini tengah dalam proses pembuatan oleh seniman asal Kota Bandung I Nyoman Nuarta.

Nyoman berhasil memenangkan sayembara desain Istana Kepresidenan yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Pembangunan setiap rinci Istana Kepresidenan dilakukan oleh sejumlah pihak. Seniman Nyoman kebagian membuat fasad istana dengan bentuk Burung Garuda.

Pematung kelahiran 14 November 1951 ini membentuk fasad istana dengan kepala Burung Garuda sebagai bagian utamanya.

Bilah-bilah sayap dibiarkan berkibar di bagian kanan dan kiri, yang nantinya bakal menjadi area dinding luar lingkungan Istana Kepresidenan.

Material kuningan dan baja dipilih Nyoman sebagai bahan utama dari patung seberat 1.456 ton itu. Kedua bahan itu dinilai kuat dan tahan lama.

Menurut Nyoman, penggunaan kuningan dan baja pada patung IKN Nusantara akan mempermudah dalam perawatan dan tidak mudah kotor.

Mengingat, kantor presiden masuk dalam Bangunan Gedung Fungsi Khusus (BGFK).

Seniman patung I Nyoman Nuarta paparkan setiap detail Istana Kepresidenan di IKN Nusantara.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News