Melihat Proses Pembuatan Patung Burung Garuda Istana Kepresidenan IKN di Bandung

Rabu, 19 Juli 2023 – 17:30 WIB
Melihat Proses Pembuatan Patung Burung Garuda Istana Kepresidenan IKN di Bandung - JPNN.com Jabar
Seniman patung asal Bandung I Nyoman Nuarta saat menjelaskan progres pembuatan patung burung Garuda untuk fasad Istana Kepresidenan IKN Nusantara. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur terus berprogres. Ikon patung burung Garuda yang menyelimuti kantor kepresidenan itu pun sedang dalam proses pengerjaan.

Seniman patung asal Bandung I Nyoman Nuarta dipercaya pemerintah untuk membuat bagian fasad istana yang nantinya berlokasi Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

JPNN berkesempatan melihat langsung pembuatan bilah sayap burung Garuda di workshop galeri NuArt Sculpture Park, Kota Bandung.

Diantar langsung oleh seniman Nyoman Nuarta, area workshop tampak sibuk dengan pekerja yang sedang mengelas atau memotong besi menggunakan alat khusus.

Nyoman mengatakan, ada perbedaan patung burung Garuda IKN Nusantara dengan beberapa karya lainnya.

Menurutnya, patung ini nantinya akan spesial karena menjadi ikon ibu kota baru. Adapun saat ini proses pengerjaan tengah berjalan.

“Pengerjaan (patung IKN) dibagi menjadi 17 segmen. Saat ini pengerjaan bilah selubung tengah dilakukan,” katanya saat ditemui di area workshop galeri, Rabu (19/7).

Patung burung Garuda ini bermaterial kuningan dan baja tahan cuaca. Dua bahan ini digabungkan dalam satu bilah selongsong yang nantinya akan disusun secara berjejer membentuk burung Garuda sesuai desain yang disepakati bersama Presiden Joko Widodo.

Seniman patung asal Bandung I Nyoman Nuarta dipercaya untuk membuat fasad Istana Kepresidenan yang berbentuk burung Garuda. Begini progresnya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News