Cerita Amien Rais Pernah Diminta Datang ke Ponpes Al-Zaytun Indramayu

Kamis, 29 Juni 2023 – 11:00 WIB
Cerita Amien Rais Pernah Diminta Datang ke Ponpes Al-Zaytun Indramayu - JPNN.com Jabar
Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais ditemui seusai mengisi khotbah salat Iduladha di Lapangan Transmart, Jalan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Rabu (28/6). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais mengaku pernah diajak untuk datang ke Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun oleh Panji Gumilang.

Ajakan tersebut didapatnya saat menjabat sebagai Ketua MPR periode 1999 – 2004.

“Saat itu (menjabat) Ketua MPR, ditarik Panji Gumilang, dia mengundang saya secara betul-betul meminta ‘datanglah Pak Amien, Pak Amien sudah ketinggalan karena tokoh-tokoh teman Pak Amien sudah pada berdatangan’,” kata Amien ditemui di Lapangan Transmart, Jalan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, dikutip Kamis (29/6).

Namun, Amien tak menyetujui ajakan tersebut karena merasa ada perbedaan paham ajaran agama.

“Waktu itu saya punya intuisi, seperti kurang sreg,” ucapnya.

Lebih lanjut, Ia menilai bahwa Al-Zaytun adalah buatan dari Orde Baru dan ada pihak yang memelihara serta mendanai khusus aktivitas di pesantren pimpinan Panji Gumilang tersebut.

Meski begitu, Ia tak memerinci identitas dari pihak yang dimaksud.

“Jadi, kalau saya sederhana melihatnya, ini memang produksi dari Orde Baru. Jadi caranya melihat mudah sekali, Wattini Wazzaitun, Masjid At-Tin dan (pesantren) Zaytun. Saya kira sama sponsornya,” ungkapnya.

Amien Rais pernah diminta untuk mengunjungi Ponpes Al-Zaytun oleh Panji Gumilang. Begini responnya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News