DLH Jabar Optimalkan Operasional Pengolahan Air Lindi di TPS Sarimukti

Kamis, 08 Juni 2023 – 17:43 WIB
DLH Jabar Optimalkan Operasional Pengolahan Air Lindi di TPS Sarimukti - JPNN.com Jabar
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jabar Prima Mayaningtias meninjau secara langsung di TPPAS Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat. Foto: Humas DLH Jabar.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) terus berupaya melakukan pengolahan air lindi dari Tempat Pengolahan Kompos (TPK) Sarimukti, agar tidak mencemari perairan umum.

Kepala DLH Jabar Prima Mayaningtias mengatakan, upaya penanganan jangka pendek yang dilakukan untuk mengurangi air lindi yang masuk ke Sungai Ciganas, dan Sungai Cipanauan adalah dengan mengalihkan aliran sungai yang sudah tercampur lindi. Sehingga semua aliran air dapat masuk ke Instalasi Pengolahan Leachate (IPL).

"Upaya lain yang telah dilakukan untuk peningkatan operasi IPL sebagai langkah untuk memenuhi baku mutu, di antaranya penambahan aktivator pada kolam stabilisasi, kolam anaerobik dan aerobik," kata Prima dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Kamis (8/6).

Selain itu, kata Prima, pihaknya juga melakukan sejumlah upaya lainnya. Di anataranya, pengurasan kolam anaerobik serta aerobik, perbaikan posisi pipa juga pompa blower, perbaikan mesin aerator, pengadaan mesin surface aerator, dan penggantian media filtrasi.

Prima mengharapkan, pemerintah Kabupaten/Kota dapat meningkatkan upaya pengurangan sampah dari sumbernya. Sehingga dapat mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke TPK Sarimukti.

Selain itu, upaya tersebut juga dapat mengurangi biaya pengangkutan dan pemrosesan akhir sampah, serta peningkatan upaya partisipasi masyarakat dalam pemilahan dan pengolahan sampah sejak dari sumbernya.

Dia memaparkan, pada tahap awal, air lindi yang masuk ke Instalasi Pengolahan Leachate (IPL) TPK Sarimukti dioperasikan secara gravitasi dengan sistem konvensional secara biologis dimulai dari kolam stabilisasi kemudian dialirkan ke kolam anaerobik, setelah itu dialirkan ke kolam aerobik 1 dan 2 dengan penambahan oksigen menggunakan blower dan aerator, kemudian dilanjutkan ke kolam sedimentasi dan kolam filtrasi (land treatment) dan berakhir pada unit cascade sebagai unit pengolahahan secara fisik sebelum air lindi dialirkan ke badan air penerima.

Menurutnya, pada Tahun Anggaran 2021 telah diselesaikan Pekerjaan Peningkatan IPL TPK Sarimukti yaitu dengan memperbaiki kolam anaerobik dan kolam aerobik serta menambah unit pengolahan biologi-kimia yaitu unit koagulasi-flokulasi, unit sedimentasi, unit dissolved air flotation (DAF) dan unit filtrasi.

Pacu pemenuhan baku mutu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jabar mengoptimalkan operasional pengolahan air lindi di TPK Sarimukti.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News