TPA Cipayung Kelebihan Kapasistas, DLHK Depok Siap Bangun Fasilitas Pengolahan Sampah di 2024

Kamis, 08 Juni 2023 – 16:50 WIB
TPA Cipayung Kelebihan Kapasistas, DLHK Depok Siap Bangun Fasilitas Pengolahan Sampah di 2024 - JPNN.com Jabar
Potret tumpukan sampah di TPA Cipayung. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah melakukan berbagai upaya dan strategi dalam mengatasi permasalahan sampah di Kota Depok, terutama kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung sudah over kapasitas.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Abdul Rahman mengatakan upaya yang dilakukan dan disiapkan Pemkot Depok mulai dari upaya jangka pendek hingga jangka panjang.

Di antaranya, melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. 

"Ini kami lakukan agar Kota Depok bisa membuang sampah di Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Lulut Nambo," ucapnya, Kamis (8/6).

Kemudian, Pemkot Depok juga sudah menyusun Feasibility Study (FS) atau studi kelayakan revitalisasi TPA Cipayung, dan menyusun Detail Engineering Design atau DED revitalisasi TPA Cipayung.

"Kami juga sudah mengusulkan pembangunan fasilitas pengolahan sampah dengan teknologi ramah lingkungan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)," jelasnya.

Pengusulan tersebut rencananya akan dilakukan pada 2024, disusul pembangunan dan operasionalnya pada 2025 mendatang.

Selanjutnya, Pemkot Depok juga akan mengoptimalkan penanganan sampah di sumbernya melalui program bank sampah di tingkat RW dan menggencarkan sosialisasi untuk pemilihan sampah langsung dari sumbernya.

DLHK Kota Depok sebut akan segera membangun fasilitas pengolahan sampah untuk mengatasi persoalan over kapasitas di TPA Cipayung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia