781 Calhaj Jabar Cadangan Belum Berangkat, Kemenag Tunggu Arahan Pusat

Sabtu, 20 Mei 2023 – 21:00 WIB
781 Calhaj Jabar Cadangan Belum Berangkat, Kemenag Tunggu Arahan Pusat - JPNN.com Jabar
Ribuan calon jemaah haji asal Kota Bandung dalam kegiatan manasik di Pusdai, Kota Bandung, Sabtu (20/5). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Sebanyak 4.353 calon jemaah haji asal Jawa Barat belum melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Jabar Boy Hari Novian mengatakan, untuk memenuhi kuota haji Jabar yang disediakan, pihaknya menggunakan kuota cadangan. Terhitung ada 5.134 calon jemaah haji (calhaj) cadangan yang sudah melunasi BPIH.

“Kalau untuk tidak melunasi, jemaah murni itu sebesar 4.353 orang namun ada cadangan yang melunasi itu sebesar 5.134. Pada intinya kuota haji di Jawa Barat itu sudah surplus terserap full,” kata Boy ditemui dalam kegiatan pelepasan simbolis calhaj di Pusdai Bandung, Sabtu (20/5).

Boy memastikan, kuota haji Jabar tahun ini sudah terpenuhi dan bahkan masih ada sisa 781 calhaj cadangan masih bisa diberangkatkan.

Ratusan calhaj cadangan itu menunggu pertimbangan dari pusat.

“Masih ada 781 cadangan yang melunasi. Jadi tahun ini Alhamdulillah kuota sudah terpenuhi semua, dan cadangan 781 sisanya Insya Allah akan diberangkatkan juga, karena Jawa Barat akan mendapatkan jemaah tambahan dari kuota tambahan yang diberikan Arab Saudi sebanyak 8.000,” jelasnya.

“Mudah-mudahan Jawa Barat akan kebagian dari 781 sisanya ini cadangan lunas akan berangkat tahun ini,” sambungnya. (mcr27/jpnn)

Kemenag Jabar berharap 781 jemaah haji cadangan bisa berangkat melalui 8.000 kuota tambahan.

Redaktur : Ridwan Abdul Malik
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News