Peringati May Day 2023, Aliansi Buruh Bandung Raya Tuntut Upah UMK yang Layak

Senin, 01 Mei 2023 – 17:10 WIB
Peringati May Day 2023, Aliansi Buruh Bandung Raya Tuntut Upah UMK yang Layak - JPNN.com Jabar
Aliansi Buruh Bandung Raya membawa poster berisikan keluhannya dalam memperingati Hari Buruh Internasional di bawah Flyover Kusumaatmadja, Kota Bandung, Senin (1/5). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Aliansi Buruh Bandung Raya menggelar aksi demonstrasi memperingati Hari Buruh atau May Day yang jatuh setiap tanggal 1 Mei.

Meski tahun ini peringatan dipusatkan di Jakarta, namun sejumlah massa buruh tetap melakukan aksi demo di Kota Bandung, salah satunya di bawah Flyover Kusumaatmadja.

Pantauan di lokasi, puluhan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Nasional, Federasi Serikat Buruh Militan, Lion, dan lainnya bergantian melakukan orasi.

Adapun dalam aksi demo tersebut, salah satu isu yang disuarakan adalah upah minimum kerja (UMK) di Jawa Barat yang dinilai masih belum layak.

"Buruh Indonesia, dengan upah minimum bisa hidup, kredit motor dan hidup irit, luar biasa," ucap Ncep, salah satu orator, Senin (1/5). 

"Yang jujur itu miskin, yang jujur miskin dan Insya Allah masuk surga, cuma enggak ada yang kuat, banyak rintangan dan halangan, banyak intimidasi, tapj saya masih hidup, berjuang," ujarnya.

Lebih lanjut, Ia pun menyoroti, terkait keberlangsungan pendidikan anak buruh.

Jika UMK minim, pendidikan anak buruh tidak akan tinggi.

Aliansi Buruh Bandung Raya menuntut upah UMK yang layak dalam orasi memperingati Hari Buruh Internasional.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News