Terungkap, Begini Isi Ceramah 'Bohong' Bahar Smith Tentang Penangkapan Rizieq Shihab

Selasa, 05 April 2022 – 14:05 WIB
Terungkap, Begini Isi Ceramah 'Bohong' Bahar Smith Tentang Penangkapan Rizieq Shihab - JPNN.com Jabar
Bahar Smith dalam sidang di Pengadilan Negeri Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Selasa (5/4). (Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Penceramah Habib Bahar bin Smith menjalani sidang pembacaan dakwaan atas kasus penyebaran berita bohong dalam ceramah Maulid Nabi di Kampung Cibisoro, RT 03 Rw 08 Desa Nanjung, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung.

Dalam persidangan, Jaksa membacakan sejumlah isi ceramah yang menyeret Bahar Smith ke meja hijau. Satu di antaranya ceramah Bahar Smith tentang penangkapan Habib Rizieq Shihab.

“Ada salah satu dari anak cucu Rasullah yang di mana beliau kembali dari Mekah, beliau bikin acara Maulid, memuliakan kelahiran kakeknya, menganggungkan kelahiran kakeknya, berkumpul para ulama, para habaib. Di situ banyak mendapatkan ilmu, manfaat, beliau mengungkapkan kegembiraan dengan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW,” ujar Jaksa Suharja saat membacakan dakwaan berisi ceramah Bahar Smith di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Selasa (5/4).

“Di samping itu banyak juga ulama-ulama lain yang membuat Maulid, para ustaz, para kiayi, habaib, banyak yang membuat Maulid salah satunya beliau. Akan tetapi beliau malah dipenjara, beliau malah ditangkap saudara-saudara. Beliau ditangkap beliau dipenjara,” sambung Jaksa.

Kemudian, di menit 12.26 hingga 12.58. Di bagian ini, Bahar Smith dengan tegas dalam ceramahnya menyebutkan bahwa Habib Rizieq Shihab ditahan gara-gara merayakan Maulid Nabi Muhammad.

“Saudara-saudara demi Allah tidak ada dalam sejarah di dunia ini dari zaman Nabi Adam sampai sekarang tidak ada, tidak pernah terjadi. Hanya terjadi di Indonesia yang negara mayoritas muslim, yang mayoritas Ahlussunnah wal jamaah, ada anak cucu Rasulullah yang ditangkap, ditahan karena merayakan Maulid Nabi. Siapa beliau? Beliay Al Habib Rizieq bin Husein bin Syihab,” ujar jaksa.

Lebih lanjut, jaksa menilai yang disampaikan Bahar Smith dalam ceramah merupakan sebuah kebohongan. Sebab, berdasarkan fakta, Habib Rizieq ditahan bukan karena memperingati Maulid Nabi Muhammad.

“Padahal fakta yang sebenarnya Al Habib Rizieq Shihab dihukum bukan karena memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW akan tetapi Al Habib Rizieq Shihab dihukum dalam kaitan pelanggaran prokes di Petamburan dan kasus swab rumah sakit UMMI Bogor” ucap Jaksa.

Terungkap dalam surat dakwaan, Habib Bahar bin Smith sebar berita bohong terkait penangkapan Habib Rizieq Shihab dalam ceramah Maulid Nabi di Bandung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News