Bareskrim Polri Ungkap Pantai Selatan Jabar Jadi Tempat Transit Penyelundupan Narkotika

Kamis, 24 Maret 2022 – 20:45 WIB
Bareskrim Polri Ungkap Pantai Selatan Jabar Jadi Tempat Transit Penyelundupan Narkotika - JPNN.com Jabar
Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Krisno Haloman Siregar di Pusdik Intel Polri, Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis (24/3). (Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Bareskrim Polri mengungkap wilayah Jawa Barat menjadi tempat singgah dari penyelundupan narkotika. Nantinya narkoba tersebut akan langsung diedarkan ke berbagai daerah.

Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Krisno Haloman Siregar mengatakan, berdasarkan data di Badan Narkotika Nasional (BNN), tingkat prevalansi Provinsi Jawa Barat menempati peringkat ke sembilan dari 34 provinsi di Indonesia.

“Jabar bukan tempat untuk didistribusikan. Jadi transit, nanti diteruskan ke daerah lain,” kata Krisno ditemui di Kabupaten Bandung, Kamis (24/3).

Menurut Krisno, jalur laut menjadi akses yang paling sering dipilih untuk menyelundupkan narkoba dalam jumlah besar. Di Jabar, biasanya laut di Pantai Selatan menjadi lokasi yang paling mudah dilalui.  

Selain kasus di Pangandaran, sempat terungkap upaya penyelundupan di Ujung Genteng pada tahun 2012 lalu.

“Pantai selatan Jabar  sudah lama kami menemukan sebagai tempat masuk (narkotika),” jelasnya.

“Jadi mereka pintar, tetapi kami lebih pintar sih seperti Pak Kapolri bilang tadi, jadi saya kira Jabar kami menjadikan salah satu titik yang perlu diatensi untuk pintu masuk,” sambungnya.

Krisno menjelaskan, kendati jalur laur menjadi akses paling sering ditemukan penyelundupan narkotika dalam jumlah besar, bukan tidak mungkin para pelaku juga melakukannya lewat jasa kontainer. Maka dari itu, polisi bekerja sama dengan instansi terkait sebagai antisipasi terjadi kembali penyelundupan narkotika jenis apa pun.

Bareskrim Polri mengungkap Pantai Selatan Jabar kerap jadi tempat singgah penyelundupan narkotika dalam jumlah besar. Ini penjelasannya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News