Gempa Bumi 4,0 Magnitudo Mengguncang Kabupaten Cianjur, Aktivitas Sesar Cugenang Jadi Penyebabnya

Rabu, 29 Maret 2023 – 13:30 WIB
Gempa Bumi 4,0 Magnitudo Mengguncang Kabupaten Cianjur, Aktivitas Sesar Cugenang Jadi Penyebabnya - JPNN.com Jabar
Ilustrasi gempa bumi. Ilustrator: Sultan Amanda/JPNN.com

jabar.jpnn.com, CIANJUR - Gempa bumi berkekuatan 4,0 magnitudo mengguncang Kabupaten Cianjur dan sekitarnya, pada Rabu (29/3) sekitar pukul 12.34 WIB.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto mengatakan dari hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan 4,0 magnitudo ini terletak pada koordinat 6.84 LS dan 107.08 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6 km barat daya Kabupaten Cianjur, dengan kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas aktivitas Sesar Cugenang,” ucap Hartanto dalam keterangan resminya, Rabu (29/3). 

Untuk dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Cianjur, Sukabumi, Warungkondang, Cibeber, Cugenang dan Bogor, dengan Skala Intensitas III - IV MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu)

Sementara di Sukaresmi, Sabandar, Cibodas, Cipanas dan Rancagoong dengan Skala Intensitas III MMI.

“Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut,” jelasnya.

Selain itu, berdasarkan hasil pengamatan, sejak 21 November 2022 hingga Rabu 29 Maret 2023 pukul 12:55 WIB telah terjadi gempa bumi di wilayah Cianjur sebanyak 534 kali.

“Kami imbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tandasnya. (mcr19/jpnn)

Aktivitas Sesar Cugenang membuat Kabupaten Cianjur dan sekitarnya diterjang gempa bumi berkekuatan 4,0 manitudo pada Rabu (29/3) sekira pukul 12.34 WIB.

Redaktur : Yogi Faisal
Reporter : Lutviatul Fauziah

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News