Dishub Kota Bogor Cek Kondisi Angkutan Umum Menjelang Mudik Lebaran

Rabu, 29 Maret 2023 – 13:15 WIB
Dishub Kota Bogor Cek Kondisi Angkutan Umum Menjelang Mudik Lebaran - JPNN.com Jabar
Ilustrasi angkutan mudik Lebaran. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Dinas Perhubungan Kota Bogor mulai melakukan pengecekan terhadap kondisi ribuan angkutan umum kota (angkot) hingga bus antarkota dan antarprovinsi (AKAP) menjelang arus mudik dan libur lebaran 2023.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bogor, Eko Prabowo mengatakan pengencekan dilakukan untuk memastikan kondisi angkutan umum yang beroperasi nanti benar-benar laik jalan.

"Pengawasan, pengendalian dan penegakan aturan di angkutan umum sudah kami mulai," ucap Eko, dikutip Rabu (29/3).

Salah satunya, untuk mengantisipasi potensi kenaikan jumlah pemudik pada lebaran tahun ini, yang secara resmi telah dilaporkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kepada Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas soal arus mudik di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat, (24/3).

Ada kenaikan jumlah pemudik dari 85 juta orang menjadi 123 juta orang secara nasional.

Dari jumlah itu, pemudik diprediksi meningkat dari 14 juta menjadi 18 juta untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Artinya, terjadi kenaikan 47 persen untuk nasional dan 7 persen untuk Jabodetabek.

Eko menerangkan hal ini juga dilakukan untuk memastikan kenyamanan arus mudik angkutan umum yang ada di Kota Bogor, yakni angkot dan bus dalam kota maupun AKAP tidak lepas dari pengawasan.

Menjelang libur dan mudik lebaran, Dinas Perhubungan Kota Bogor mulai melakukan pengecekan terhadap kondisi angkutan umum.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News