KP2BM Fasilitasi Peternak Lebah Eks PT Mahakarya Berkah Madani

Selasa, 21 Maret 2023 – 17:47 WIB
KP2BM Fasilitasi Peternak Lebah Eks PT Mahakarya Berkah Madani - JPNN.com Jabar
Deklarasi Koperasi Nasional yang digelar KP2BM di salah satu hotel di Kota Bandung, Selasa (21/3). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Koperasi Petani dan Peternak Berkah Mandiri (KP2BM) menggandeng peternak lebah eks mitra PT Mahakarya Berkah Madani (MBM) sebagai pengembangan bisnis.

Wakil Ketua Bidang Bisnis, Usaha, Koperasi, dan Pemasaran (KP2BM) Muchtar Arifin mengatakan, koperasi ini berupaya memberikan solusi kepada para eks MBM agar mendapatkan penghasilan semaksimal mungkin. Gerak awal KP2BM akan membeli hasil panen eks mitra MBM yang sudah menjadi anggota KP2BM.

“Tentu kami akan melakukan inovasi-inovasi di bidang peternakan, pertanian, dan wisata. Jadi, kami nanti akan membuat wisata edukasi dengan harapan bisa menggandeng pemerintah untuk sekolah tingkat SMP dan SMA, agar bisa belajar ternak lebah,” katanya ditemui saat kegiatan ‘Deklarasi Koperasi Nasional’ di Bandung, Selasa (21/3).

Muchtar mengaku lebah yang digunakan untuk penghasil madu berasal dari lebah yang tak menyengat. Sehingga rasa madunya cenderung asam.

Para eks peternak MBM, katanya, sempat alami kesulitan yang tak dibayar oleh perusahaannya, sehingga KP2BM memberikan alternatif sebagai wadah dengan membentuk koperasi.

"Mudah-mudahan adanya koperasi ini bisa bersinergi bersama semua mitra dan dapat keluar dari permasalahan yang dihadapi. Hari ini Para mitra Exs PT. MBM mempunyai aset bibit lebah yang tersebar di seluruh Indonesia, seperti di Pekanbaru, Padang, Palembang, Jateng, Jatim, Jabar, dan Manado. Saat ini ada sekitar 18 ribu peternak yang berasal dari eks PT MBM dan target 9 ribu bisa bergabung ke KP2BM," katanya.

Lebih lanjut, Muhtar menyebut, KP2BM ini sebagai penyuplai bahan baku dan pihaknya bermitra dengan perusahaan lain dalam hal pemasaran atau ekspor madu. Saat ini, madu yang tengah digandrungi ialah madu Trigona.

"Biasanya kan umumnya madu di pasaran itu berasal dari lebah sengat. Nah, kalau kami ini budidayakan lebah tak bersengat dan rasa madunya pun berbeda cenderung asam karena murni dari tumbuh-tumbuhan dan harganya lebih tinggi," katanya. (mcr27/jpnn)

KP2BM memfasilitasi para peternak lebah eks mitra PT Mahakarya Berkah Madani yang sempat terkendala pembayaran.

Redaktur : Ridwan Abdul Malik
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News