Upaya Kemenperin Ajak Generasi Z Bangga Pakai Produk Lokal

Senin, 27 Februari 2023 – 14:30 WIB
Upaya Kemenperin Ajak Generasi Z Bangga Pakai Produk Lokal - JPNN.com Jabar
Diskusi bertajuk 'Bangga Total Kenal Produk UMKM' yang digelar di Museum Sri Baduga, Kota Bandung, Minggu (26/2). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Kementerian Perindustrian mengajak anak muda untuk bangga dan mulai menggunakan produk dalam negeri.

Produk dalam negeri ini khususnya manufaktur yang berkaitan dengan fesyen. Adapun industri fesyen saat ini mulai berkembang dan diproduksi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Sekretaris Jenderal Kemenperin Dody Widodo menuturkan, saat ini anak muda banyak yang membeli produk secara daring, tetapi mereka tidak tahu brand produk yang dibelinya.

"Memang kami susah mencegah impor walaupun kami sudah coba membatasi. Untuk mendukung produk lokal sekarang minimal setiap bulan dari barang yang kami beli 50 persennya beli barang lokal," kata Dody dalam keterangannya, Senin (27/2).

Menurut Dody, selama ini sudah banyak pelaku manufaktur dalam negeri yang berhasil memproduksi barang berkualitas yang tidak kalah dari produk luar negeri.

Mulai dari produksen sepatu, tas, jam tangan, hingga pakaian hasil karya anak bangsa.

Dengan adanya barang-barang itu, masyarahat seharusnya bisa membeli produk tersebut dibandingkan dengan barang serupa yang diimpor.

Sebabnya, pembelian dari UMKM lokal bisa berdampak besar, termasuk meminimalisir Indonesia menjadi pasar barang luar negeri.

Kemenperin menggelar diskusi mengajak anak muda bangga membeli produk dalam negeri.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News