Cerita di Balik Layar Brand Alat Pancing Lokal Asal Bandung

Jumat, 06 Januari 2023 – 18:00 WIB
Cerita di Balik Layar Brand Alat Pancing Lokal Asal Bandung - JPNN.com Jabar
Ilustrasi pabrik garmen dan alat pancing brand Duraking asal Kota Bandung. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Billy Linjaya Lesmana adalah seorang entrepreneur asal Bandung yang membesarkan brand Duraking Sports and Outdoor. Baginya, banyak pelajaran yang bisa diambil dari lika-liku bisnisnya selama ini.

Berawal dari perusahaan perorangan milik ayahnya, yang pada saat itu bergerak di bidang industri kain tekstil dan benang layang-layang, Billy memutuskan untuk ikut terjun pada 2006.

Langkah awal yang dilakukan Billy adalah mengubah perusahaan perorangan menjadi PT. Pancajaya Sejati. Menurut Billy, seorang pengusaha harus memiliki kemampuan agile thinking yang baik, karena banyak hal yang harus berubah sesuai dengan keadaan.

"Seperti yang terjadi di PT. Pancajaya Sejati, berawal dari industri kain tekstil dan benang layang-layang, kemudian berubah menjadi industri garmen dan alat pancing," ucap Billy dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Jumat (6/1).

Billy menuturkan, surutnya industri kain tekstil pada 2009, menjadi salah satu pemicu dirinya memutar haluan bisnis menjadi garmen dan alat pancing.

“Pada saat itu, usaha kain tekstil sedang mengalami sunset, akhirnya kami menjual seluruh mesin tekstil. Harga mesin juga sedang bagus-bagusnya, sehingga decision untuk exit di 2009 merupakan decision yang baik menurut saya," ujarnya.

Kemudian pada 2011, Billy memutuskan untuk mengembangkan industri alat pancing yang berbekal dari pengalaman di industri benang layang-layang sebelumnya. Saat itu lah, brand Duraking lahir.

Setelah terjun ke industri alat pancing, Billy kemudian melihat peluang bisnis. Menurutnya, pada saat itu belum ada brand lokal yang menyediakan apparel untuk para pemancing di Indonesia dengan kualitas tinggi.

Berpegang pada prinsip #LangsungDiGas, cerita perjalanan usaha Billy Linjaya menjadi menarik dan dinamis. Ini kisah brand alat pancing asal bandung lahir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News