Kemenperin Siap Cetak SDM Industri Semikonduktor di Indonesia

Selasa, 22 November 2022 – 22:05 WIB
Kemenperin Siap Cetak SDM Industri Semikonduktor di Indonesia - JPNN.com Jabar
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Kemenperin Doddy Rahadi dalam sebuah diskusi di Balai Besar Logam dan Mesin di Kota Bandung. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah menyiapkan sumber daya manusia (SDM), untuk meningkatkan industri semikonduktor di Indonesia.

Upaya ini sejalan dengan kebijakan substitusi impor, khususnya produk components of diodes, transistors, and similar semi-conductor equipment, serta integrated circuits (IC).

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Doddy Rahadi mengatakan, pelatihan SDM untuk sektor ini bakal dilakukan di Balai Besar Logam dan Mesin di Kota Bandung.

Tempat ini dinilai memungkinkan dalam pengembangan para ahli yang kelak berkecimpungan di Industri Semikonduktor.

“Jadi kami sudah lihat balai ini, dan fasilitas yang akan kami bangun antara pemerintah dengan industri. Peralatan (semikonduktor) akan dibangun dengan pusat IC desain center. Ini tidak hanya di Indonesia, tetapi agar bisa dipakai di dunia,” katanya dalam keterangannya, Rabu (22/11).

Menurutnya, sudah ada beberapa kampus di Indonesia yang siap bekerja sama mengirimkan para ahlinya, seperti kampus ITB, ITS, UGM, hingga Telkom University.

Lebih lanjut, kata Doddy, SDM yang berkualitas di industri semikonduktor memang belum banyak berada di Indonesia.

Maka dari itu, diperlukan program khusus agar nantinya sektor tersebut bisa ada, sehingga mampu meminimalisir produk impor yang selama ini melimpahi Indonesia.

Meningkatkan produksi semikonduktor, Kemenperin siapkan pelatihan SDM.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News