Prediksi Peluang Iklim Usaha Industri, Kemenperin Sebar Kuesioner Indeks Kepercayaan

Senin, 07 November 2022 – 21:10 WIB
Prediksi Peluang Iklim Usaha Industri, Kemenperin Sebar Kuesioner Indeks Kepercayaan - JPNN.com Jabar
Sekretaris Jenderal Kemenperin Dody Widodo (tengah) saat membuka kegiatan Kick Off dan Bimbingan Teknis IKI di Kota Bandung, Senin (7/11). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) meluncurkan kuesioner indeks kepercayaan industri (IKI) sebagai bentuk respon dinamika di sektor industri.

Program ini serupa dengan Purchasing Managers Index (PMI) yang dirilis oleh S&P Global dan Prompt Manufacturing Index Bank Indonesia (PMI BI).

Namun, dalam laporan IKI Kemenperin bakal meningkatkan jumlah responden sehingga bisa mewakili seluruh subsektor industri.

Sekretaris Jenderal Kemenperin, Dody Widodo mengatakan saat ini perekonomian global sedang tidak baik.

Adanya perang Rusia–Ukraina berdampak negatif pada kondisi industri di Indonesia.

Perubahan iklim industri yang tidak menentu ini membuat Kemenperin ingin mendapatkan informasi yang akurat, lengkap, dan terkini terhadap kondisi sektor industri pengolahan.

Adapun informasi ini mencakup permasalahan dan prospek bisnis industri pengolahan.

“Ini diperlukan untuk menjawab kecepatan dinamika tantangan ekonomi global saat ini dan menghadapi ketidakstabilan supply dan demand pasar produk industri, salah satunya dilakukan dengan pembentukan Indeks Kepercayaan Indsutri (IKI),” kata Dody dalam Kick Off dan Bimbingan Teknis IKI di Kota Bandung, Senin (7/11).

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) meluncurkan kuesioner indeks kepercayaan industri (IKI) sebagai bentuk respon dinamika di sektor industri.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News