Menelisik Lebih Jauh Potensi Anak Muda Papua di Bandung

Jumat, 04 November 2022 – 21:45 WIB
Menelisik Lebih Jauh Potensi Anak Muda Papua di Bandung - JPNN.com Jabar
Salah seorang narasumber sedang mengisi materi dalam diskusi publik bertajuk 'Menjadi Pahlawan Milenial: Kiprah Generasi Muda Papua Membangun Bumi Cendrawasih’ di Graha Sanusi Handjanita, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Jumat (4/11). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Anak muda dari Papua yang bermukim di Kota Bandung memiliki segudang kemampuan dan prestasi yang bisa diasah melalui beragam kreasi dan inovasi.

Demikian disampaikan pendiri Papua Muda Inspiratif, Mailani Osok dalam diskusi publik dengan tema ‘Menjadi Pahlawan Milenial: Kiprah Generasi Muda Papua Membangun Bumi Cendrawasih’ di Graha Sanusi Handjanita, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Jumat (4/11).

“Sekarang sedang masif terkait UMKM, aktivitas sosial. Dulu kami terkenal di olahraga, tetapi sekarang semua bidang sudah bergerak banyak untuk berkontribusi di masyarakat,” ujarnya.

Menurut Mailani, anak muda Papua saat ini sudah sangajt maju. Mereka tak lagi bisa dipandang sebelah mata, karena sudah banyak anak mudanya yang berprestasi.

Dari pendidikan saja, sudah ada yang sekolah ke luar negeri, kemudian kembali untuk membangun Papua.

“Saya pendiri perkumpulan pemuda Papua inspiratif, kami bergerak di bidang pendidikan, kesehatan, UMKM, industri kreatif, pariwisata dan sosial budaya. Saat ini sedang fokus pemberdayaan anak muda kemudian pengembangan UMKM dan menginfluencer anak muda untuk membangun daerahnya,” jelasnya.

Sementara itu, Asisten staf khusus presiden bidang pendidikan dan inovasi Isnaini Varidah menyampaikan bahwa saat ini generasi muda harus terus mengembangkan potensinya dari berbagai macam talenta yang ada.

“Sebenarnya kami sedang memiliki program besar sejak 2019, namanya ‘Bawa Perubahan’ atau disingkat Baper. Program ini kami fokus utamanya adalah daerah plural, tetapi Papua menjadi pilot project dari program ini,” ujarnya.

Diskusi publik di kampus Unpad Bandung membahas potensi anak muda Papua melalui beragam kreasi dan inovasi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News