Ahli Farmasi Unpad Beri Penjelasan Soal Parasetamol Bukan Penyebab Gagal Ginjal Akut Misterius

Kamis, 20 Oktober 2022 – 16:55 WIB
Ahli Farmasi Unpad Beri Penjelasan Soal Parasetamol Bukan Penyebab Gagal Ginjal Akut Misterius - JPNN.com Jabar
Ahli Farmasi Unpad Beri Penjelasan Soal Parasetamol Bukan Penyebab Gagal Ginjal Akut Misterius Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung Prof Muchtaridi menyebut bahwa penggunaan senyawa dietilen glikol dan etilen glikol pada obat parasetamol sudah dilarang ketat penggunaannya.

Larangan tersebut dikeluarkan oleh badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat atau Food and Drugs Administration (FDA) sejak 1938.

Namun, pada 1998 India mencatat ada kasus sedikitnya 150 anak meninggal dengan penyakit yang sama dalam lima tahun terakhir.

Setelah diinvestigasi, 26 kasus dinyatakan positif karena dietilen glikol yang terkandung dalam obat flu.  

Kata Muchtaridi, FDA melarang farmasi menggunakan dua senyawa itu karena efek sampingnya yang berbahaya.

Meski dilarang, ia mengungkapkan, oknum produsen farmasi ‘nakal’ masih menggunakan dua senyawa ini karena mudah diproduksi dan murah dibandingkan pelarut-pelarut lainnya.

Sementara di Indonesia, menurutnya, kematian akibat gagal ginjal akut misterius di Indonesia masih perlu ditelusuri lebih lanjut apakah karena dua senyawa tersebut atau bukan.

Badan Pengawas Oabat dan Makanan (BPOM) ini menyatakan bahwa obat yang menyebabkan kematian di Gambia tidak terdaftar di Indonesia.

Pakar Farmasi Unpad Bandung memberi penjelasan soal parasetamol bukan penyebab gagal ginjal akut misterius pada anak.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News