Konsultan RSHS Bandung Klaim Penyebab Cuci Darah pada Anak Bukan Karena Minuman Manis

Kamis, 01 Agustus 2024 – 13:40 WIB
Konsultan RSHS Bandung Klaim Penyebab Cuci Darah pada Anak Bukan Karena Minuman Manis - JPNN.com Jabar
Petugas kesehatan sedang menyiapkan alat hemodialisis bagi pasien gagal ginjal di Instalasi Hemodialisa RS Hasan Bandung, Kota Bandung. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Konsultan Nefrologi Anak Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung Prof Dany Hilmanto mengeklaim penyakit gagal ginjal pada anak bukan disebabkan minuman manis. Menurutnya, penyakit tersebut merupakan penyakit kelainan bawaan anak.

Hal itu disampaikan Dany sebagai respons maraknya pasien anak yang melakukan cuci darah yang viral di media sosial.

“Karena memang penyebabnya cuci darah pada anak kebanyakan ada dua sebab yaitu kelainan struktur dan adanya penyakit glomerulus pada ginjal,” kata Dany di Bandung, Kamis (1/8/2024).

Dany menegaskan, umumnya penyakit gagal ginjal karena faktor seringkali mengkomsumsi makanan yang tidak sehat.

“Bahwa dari tahun ke tahun penyakit-penyakit yang akibatkan oleh junk food itu melalui tahap yang panjang, dia harus melalui ke hipertensi dulu, diabetes mellitus dulu, obesitas yang di mana semua itu merupakan risiko pada gagal ginjal,” ujarnya.

Dia menjelaskan, gangguan ginjal pada anak-anak berbeda dari pada dewasa. Adapun kasus yang sering ditemukan, kata dia, adalah kelainan bawaan.

“Karena pada saat ini usia sudah di atas lima tahun memang yang paling banyak karena penyakit glomerulus. Jadi yang paling sering diantaranya penyakit glomerulus itu adalah yang bocor ginjal,” jelas Dany.

Staf Divisi Nefrologi RSHS Bandung dr Ahmedz Widiasta mengatakan saat ini terdapat sekitar 20 anak menjalani cuci darah secara rutin setiap bulannya di Poliklinik Hemodialisis RSHS Bandung.

RS Hasan Sadikin Bandung mengungkapkan pasien anak yang sedang menjalani prosedur pengobatan cuci darah atau hemodialisis bukan dikarenakan minuman manis.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News